Mulyono, Tri (2023) Pengembangan Kompetensi Guru PAI dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (400kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (308kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (491kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (635kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (495kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (664kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (298kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (423kB) |
Abstract
Dalam melaksanakan implementasi kurikulum merdeka sebagian guru PAI belum memiliki kompetensi maka upaya yang harus dilakukan oleh madrasah adalah meningkatkan kompetensi guru PAI agar pelaksanaan kurikulum tersebut dapat berjalan sesuai dengan tujuan pendidikan. Tujuan dari penelitian tesis ini; 1) Menemukan dan mendeskripsikan secara mendalam pengembangan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam implementasi kurikulum merdeka pada Madrasah Aliyyah Negeri 2 Kudus; 2) Untuk mendeskripsikan urgensi pengembangan kompetensi guru PAI dalam implementasi kurikulum merdeka pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus; dan 3) Untuk menemukan dan mendeskripsikan implikasi pengembangan kompetensi guru PAI dalam implementasi kurikulum merdeka pada Madrasah Aliyyah Negeri 2 Kudus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian tesis ini yaitu metode kualitatif deskriptif dengan model analisis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer yang digunakan penelitian yakni berasal dari wawancara mendalam terhadap kepala madrasah, waka kurikulum serta beberapa guru PAI. Sementara teknik analsisis data dilakukan melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa; 1) Bentuk pengembangan kompetensi guru PAI dalam implementasi kurikulum merdeka pada MAN 2 Kudus diantaranya adalah menyelenggarakan In House Training (IHT), mengarahkan para guru agar melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, aktif dalam kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Kelompok Kinerja Guru (KKG), mengikutsertakan kegiatan bimbingan teknis baik secara online atau offline, mengikutsertakan para guru untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG)/sertifikasi bagi guru yang sudah memenuhi persyaratan administrasinya; 2) Agar para guru memiliki pemahaman yang lebih mendalam akan kurikulum merdeka, memiliki metode, strategi dan model pembelajaran yang baru, memahami karakteristik peserta didik yang beraneka ragam, serta tuntutan zaman menjadi urgensi dilaksanakannya pengembangan kompetensi guru PAI; 3) Berbagai implikasi dengan adanya kegiatan pengembangan kompetensi guru PAI dalam implementasi kurikulum merdeka di MAN 2 Kudus diantaranya adalah para guru memiliki Pemahaman yang lebih mendalam tentang kurikulum merdeka, memiliki penguasaan perangcangan pembelajaran yang baik khususnya dalam pembelajaran kurikulum merdeka, meningkatnya pengetahuan tentang evaluasi dalam pembelajaran PAI, meningkatnya kualitas pembelajaram PAI, meningkatnya profesionalisme guru PAI dan memiliki kontribusi positif bagi MAN 2 Kudus.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi, Kompetensi Guru PAI, Pengembangan Kompetensi | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru |
||||||
Divisions: | Pascasarjana > PAI | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2024 07:15 | ||||||
Last Modified: | 11 Dec 2024 07:15 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12873 |
Actions (login required)
View Item |