Zuhdataini, Mufarikhatuz (2023) Pengaruh Self-Esteem dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX MTs Tamrinut Thullab dalam Mata Pelajaran Matematika. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (245kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (348kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (466kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (472kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (740kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (280kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (357kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh self-esteem dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTs Tamrinut Thullab dalam mata pelajaran matematika. Adapun pokok-pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Pengaruh self-esteem terhadap hasil belajar pada pembelajaran matematika kelas IX di MTs Tamrinut Thullab. 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pada pembelajaran matematika kelas IX di MTs Tamrinut Thullab. 3) Pengaruh self-esteem dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada pembelajaran matematika kelas IX di MTs Tamrinut Thullab. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode korelasional. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Tamrinut Thullab angkatan 2022-2023. Data-data terkait hasil penelitian dikumpulkan melalui teknik angkett dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan aplikasi olah data SPSS data penelitian ini berhasil memperoleh temuan, yaitu: 1) Self-esteem berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan pengaruh 0,817, serta nilai sig 0,001 < 0,05. 2) Motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan pengaruh sebesar 0,796 serta nilai sig. 0,000<0,05. 3) Pengaruh self- esteem dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX MTs Tamrinut Thullab sebesar 72,7%, untuk 27,3 % dipengaruhi oleh variabel lain. Karena (59,968>3,204), artinya hasil belajar matematika siswa dipengaruhi secara positif oleh self-esteem dan motivasi belajar sebesar 0,853 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Self-esteem, Motivasi belajar, Hasil belajar | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2024 07:58 | ||||||
Last Modified: | 11 Dec 2024 07:58 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12875 |
Actions (login required)
View Item |