Lestari, Putri Indah (2024) An Analysis Moral Values in EFL Textbook “Work in Progress” For Senior High School. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRACT.pdf Download (397kB) |
|
Text
3. TABLE OF CONTENTS.pdf Download (418kB) |
|
Text
4. CHAPTER I.pdf Download (433kB) |
|
Text
5. CHAPTER II.pdf Download (587kB) |
|
Text
6. CHAPTER III.pdf Download (285kB) |
|
Text
7. CHAPTER IV.pdf Download (762kB) |
|
Text
8. CHAPTER V.pdf Download (356kB) |
|
Text
9. REFERENCES.pdf Download (420kB) |
Abstract
Buku teks bahasa inggris untuk siswa merupakan salah satu contoh media sebagai alat pembelajaran. Buku teks EFL siswa merupakan sumber belajar yang dipublikasikan untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu buku tersebut adalah buku teks Work in Progress yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset,dan Teknologi (Kemdikbud) pada tahun 2022. Buku tersebut merupakan buku berbasis kurikulum merdeka. Penelitian ini mencoba mendeskripsikan nilai-nilai moral yang terkandung di dalam buku teks Work in progress. Nilai moral merupakan suatu tindakan, aksi seseorang di dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis isi, yaitu penelitian untuk mendeskripsikan atau menjelaskan suatu fenomena dengan menggunakan prosedur ilmiah untuk menjawabnya. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan tinjauan literatur kualitatif. Jenis penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan sumber data dan informasi dari representasi, teks, penelitian sejenis sebelumnya, jurnal, atau gambar di dalam buku teks tersebut sebagai sumber data utama penelitian. Sumber data utama yang digunakan adalah buku teks bahasa Inggris Work in Progress serta mengacu pada nilai moral berdasarkan kementerian pendidikan yang mencakup 18 nilai moral. Hasil dari penelitian ini yaitu nilai moral yang terdapat dalam buku teks EFL ini ada sembilan, yaitu gemar membaca, ramah/komunikatif, kreatif, semangat kebangsaan, pekerja keras, disiplin, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, dan religiusitas. Ada beberapa nilai moral yang tidak terdapat dalam buku ini, seperti kejujuran, toleransi, kemandirian, demokrasi, cinta tanah air, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab. Terdapat beberapa nilai moral dalam buku teks “Pekerjaan Dalam Proses” terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang disajikan melalui tujuan pembelajaran, gambar, dan petunjuk latihan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Nilai Moral, Buku Ajar, EFL, Kurikulum Merdeka | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 12 Dec 2024 08:39 | ||||||
Last Modified: | 12 Dec 2024 08:39 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12893 |
Actions (login required)
View Item |