Penggunaan E-Learning Berbasis Aplikasi Kahoot dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VIII MTs Kedungombo, Buaran Mayong Jepara

Ilma, Dina Nala (2023) Penggunaan E-Learning Berbasis Aplikasi Kahoot dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VIII MTs Kedungombo, Buaran Mayong Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (314kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (749kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)

Abstract

Penggunaan E-Learning berbasis aplikasi Kahoot ini merupakan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran yang dipakai sebagai media evaluasi yang bisa memudahkan pendidik dan siswa dalam menjalankan aktivitas evaluasi tanpa memakai kertas, pemanfaatan teknologi dalam wujud E-Learning berupa aplikasi Kahoot sebagai media evaluasi yang dikemas dalam wujud menarik berupa kuis atau permainan (game) yang dikerjakan oleh siswa yang diupayakan untuk mengatasi kejenuhan dan kebosanan siswa dalam Aktivitas pembelajaran Mapel Sejarah Kebudayaan Islam. Tujuan studi ini adalah : (1) Untuk mengetahui perencanaan dalam penggunaan E-Learning berbasis aplikasi Kahoot, (Dalam perencanaan pembelajaran di MTs Kedungombo ada hal-hal yang harus dipersiapkan dan direncanakan diantaranya : Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mencakup indikator dalam pencapaian pembelajaran, dan juga terkait dengan strategi, media, metode, dan evaluasi yang digunakan, Membuat PROTA, dan PROMES). (2) Untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan E-Learning berbasis aplikasi Kahoot, (Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas VIII A ini, peneliti menggunakan metode pembelajaran Make a Match, serta melaksanakan kegiatan evaluasi menggunakan aplikasi Kahoot). (3) Untuk mengetahui evaluasi penggunaan E-Learning berbasis aplikasi Kahoot, (Dalam kegiatan evaluasi menggunakan aplikasi Kahoot ini dapat meningkatkan hasil belajar SKI Siswa kelas VIII A di MTs Kedungombo, hasil yang diperoleh siswa menunjukan sebelum memakai aplikasi Kahoot memperlihatkan prosentase ketuntasan Siswa sebesar 80,95% dengan rata-rata nilai yang diperoleh 77,8 dan sesudah penggunaan aplikasi kahoot terjadi kenaikan yang signifikan sebesar 88% dengan rata-rata nilai 83,5 Dari skor nilai rata-rata yang diperoleh siswa bisa peneliti tarik kesimpulan bahwa penggunaan aplikasi Kahoot bisa meningkatkan hasil belajar Siswa, serta aplikasi Kahoot ini dinilai bisa mengurangi kejenuhan siswa saat mengerjakan latihan soal SKI. Studi ini memakai metode kualitatif deskriptif, yakni metode yang memusatkan perhatian pada masalah-masalah dan fakta yang ada di lapangan pada saat penelitian, studi ini memaparkan atau menggambarkan suatu keadaan, kondisi, peristiwa, situasi, dan lain sebagainya yang hasilnya dipaparkan dalam wujud laporan dengan memakai pendekatan kualitatif. Subjek studi ini yaitu Guru Mapel SKI, Wakil Ketua Kurikulum, dan Siswa kelas VIII A MTs Kedungombo. Teknik pengumpulan data yang dipakai lewat wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis data memakai sejumlah langkah, yakni pengumpulan data, reduksi data, sesudah data terkumpul mendisplay data-data secara sistematis agar bisa ditarik kesimpulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorQadam, Izah UlyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-Learning, Aplikasi Kahoot, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > E-Learning, Pembelajaran Elektronik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Dec 2024 08:11
Last Modified: 23 Dec 2024 08:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12962

Actions (login required)

View Item View Item