Wulansari, Dessy (2023) Efektivitas Media Pembelajaran Pop Up Book terhadap Kemampuan Pemahaman Siswa pada Materi Ekologi di MA Matholi’ul Huda. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (466kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (548kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (780kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (803kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (910kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (690kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (592kB) |
Abstract
Penggunaan media pembelajaran masih terbatas. Keterbatasan ini mengakibatkan kemampuan pemahaman peserta didik rendah. Guru perlu menggunakan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menjelaskan pelaksanaan pembelajaran siswa kelas X MIPA pada materi ekologi menggunakan media pop up book, 2) menganalisi efektivitas media pembelajaran pop up book terhadap kemampuan pemahaman siswa pada materi ekologi, dan 3) mengetahui peningkatan pembelajaran siswa kelas X MIPA pada materi ekologi setelah menggunakan media pop up book. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk Quasi Experiment yang digunakan adalah non equivalent control group design yang merupakan bentuk desain yang dirancang dengan memberikan pretest pada kelompok eksperimen dan kontrol untuk mengetahui keadaan awal siswa. Kemudian, Kelompok eksperimen diberikan media pembelajaran Pop up Book, sedangkan kelompok kontrol diberikan media Power Point. Setelah itu, siswa diberi posttest berupa tes kemampuan pemahaman materi ekologi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui tes dan dokumentasi. Sedangkan subjek penelitian ini mengambil data dari kelas X MIPA di MA Matholiul Huda sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 50 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data pengambilan hipotesis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji hipotesis menggunakan data N-Gain melalui uji Independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak. Sehingga terdapat pengaruh media pembelajaran pop up book terhadap kemampuan pemahaman siswa materi ekologi di MA Matholiul Huda. Media Pop up book memberikan keunggulan: 1) Meningkatkan daya imajinasi peserta didik untuk memahami isi dari pop up book tersebut; 2) Membantu peserta didik untuk memahami dan mengerti materi pembelajaran yang disampaikan pendidik; 3) Memiliki ruang dimensi yang berbentuk 3D sehingga menarik untuk dibaca; 4) Dapat mengatasi batasan ruang, waktu dan pengamatan karena tidak semua benda, objek atau peristiwa dapat dibawa ke dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Pop up Book, dan Kemampuan Pemahaman | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 24 Dec 2024 04:05 | ||||||
Last Modified: | 24 Dec 2024 04:05 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12991 |
Actions (login required)
View Item |