PELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI KELAS (STUDI KASUS PADA NTERAKSI PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI KELAS X MADRASAH ALIYAH THORIQOTUL ULUM TLOGOHARUM TRANGKIL PATI

Suntari, Ratna (2016) PELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI KELAS (STUDI KASUS PADA NTERAKSI PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI KELAS X MADRASAH ALIYAH THORIQOTUL ULUM TLOGOHARUM TRANGKIL PATI. Other thesis, STAIN Kudus.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB II.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB III.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB IV.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB V.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui pelaksanakan pembelajaran di kelas pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI) di MA. Thoriqotul Ulum tahun ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang tujuan yang utamanya untuk menerangkan kondisi apa adanya, dengan mengambil latar di MA. Thoriqotul Ulum Pati. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan tringgulasi dengan menggunakan sumber dan metode yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan : (1) pelaksanakan pembelajaran di kelas pelaksanakan pembelajaran di kelas merupakan salah satu tugas guru , sehingga guru harus mempunyai perhatian yang lebih terhadap pembelajaran di kelas. Oleh sebab itu, guru perlu memiliki kemampuan yang memadai agar dapat mengelola kelas yang lebih efektif. Interaksi pembelajaran merupakan proses kegiatan interaksi antara dua unsur manusiawi yakni siswa sebagai pihak yang belajar, dan guru sebagai pihak yang mengajar, dengan siswa sebagai subjek pokoknya untuk berinteraksi, berhubungan, dan berkomunikasi. (2) faktor-faktor menjadi kendala dalam pelaksanakan pembelajaran di kelas seperti siswa jenuh, merasa bosan, nilainya turun, dan etika atau sopan santunya kurang. (3) efektifitas pelaksanakan pembelajaran di kelas pada pembelajaran SKI di MA. Thoriqotul Ulum Tlogoharum Trangkil Pati dikatakan sudah efektif. Karena peserta didik sudah memperlihatkan keberanian di kelas, berani berbicara dan berpendapat, Serta tidak merasa takut dan malu-malu atau deg-deg kan di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
AuthorSuntari, RatnaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Interaksi Pembelajaran; Efektif
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Amd Yuyun Yuyun
Date Deposited: 07 Sep 2016 07:37
Last Modified: 07 Sep 2016 07:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13

Actions (login required)

View Item View Item