Ismah, Viki (2023) Analisis Kompetensi TPACK Guru IPA SMP di Kabupaten Jepara dalam Pembuatan Media Pembelajaran di Era Pandemi. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (364kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (200kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (773kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (645kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (511kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (904kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (460kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (608kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan capaian pada setiap kompetensi TPACK guru IPA SMP di Kabupaten Jepara dalam pembuatan media pembelajaran di era pandemi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis metode studi kasus. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh dari informan terkait dengan penelitian. Teknik analisis menggunakan triangulasi. Penelitian ini menggunakan objek di SMP Kabupaten Jepara khususnya pada kelompok kerja enam yang terdiri dari tujuh sekolah. Setelah data terkumpul dan dianalisis, hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi Technological pedagogical content knowledge (TPACK) guru IPA di Kabupaten Jepara khususnya kelompok enam sudah terkategorikan baik. Tujuh komponen dari kompetensi TPACK yaitu PK, CK, TK, PCK, TCK, TPK, dan TPACK dipakai guru untuk membuat media pembelajaran yang efektif dan efisien. Hasil dari masing-masing komponen yaitu PK memiliki 3 aspek penilaian ketiganya memiliki rata-rata dengan kriteria baik (70%), baik (73,33%), baik (70%). CK memiliki 3 aspek penilaian ketiganya memiliki rata-rata dengan kriteria baik (73,33%), baik (73,33%), baik (76,67%). TK memiliki 4 aspek penilaian keempat aspek tersebut memiliki rata-rata dengan kriteria sangat baik (85%), baik (76,67%), baik (68,33%), dan sangat baik (88,33%). PCK memiliki 3 aspek penilaian ketiganya memiliki rata-rata dengan kriteria baik (65%), baik (70%), baik (76,67%). TCK memiliki 2 aspek penilaian keduanya memiliki rata-rata dengan kriteria baik (75%), baik (65%). TPK memiliki 2 aspek penilaian keduanya memiliki rata-rata dengan kriteria baik (71,67%), baik (75%). TPACK memiliki 3 aspek penilaian ketiganya memiliki rata-rata dengan kriteria baik (68,33%), baik (73,33%), baik (68,33%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Era Pandemi, Guru IPA, Media Pembelajaran, TPACK | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 27 Dec 2024 07:22 | ||||||
Last Modified: | 27 Dec 2024 07:22 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13034 |
Actions (login required)
View Item |