Analisis Kompetensi TPACK Guru IPA SMP di Kabupaten Jepara dalam Pembuatan Media Pembelajaran di Era Pandemi.

Ismah, Viki (2023) Analisis Kompetensi TPACK Guru IPA SMP di Kabupaten Jepara dalam Pembuatan Media Pembelajaran di Era Pandemi. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (364kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (773kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (645kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (511kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (904kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (460kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (608kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan capaian pada setiap kompetensi TPACK guru IPA SMP di Kabupaten Jepara dalam pembuatan media pembelajaran di era pandemi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis metode studi kasus. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh dari informan terkait dengan penelitian. Teknik analisis menggunakan triangulasi. Penelitian ini menggunakan objek di SMP Kabupaten Jepara khususnya pada kelompok kerja enam yang terdiri dari tujuh sekolah. Setelah data terkumpul dan dianalisis, hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi Technological pedagogical content knowledge (TPACK) guru IPA di Kabupaten Jepara khususnya kelompok enam sudah terkategorikan baik. Tujuh komponen dari kompetensi TPACK yaitu PK, CK, TK, PCK, TCK, TPK, dan TPACK dipakai guru untuk membuat media pembelajaran yang efektif dan efisien. Hasil dari masing-masing komponen yaitu PK memiliki 3 aspek penilaian ketiganya memiliki rata-rata dengan kriteria baik (70%), baik (73,33%), baik (70%). CK memiliki 3 aspek penilaian ketiganya memiliki rata-rata dengan kriteria baik (73,33%), baik (73,33%), baik (76,67%). TK memiliki 4 aspek penilaian keempat aspek tersebut memiliki rata-rata dengan kriteria sangat baik (85%), baik (76,67%), baik (68,33%), dan sangat baik (88,33%). PCK memiliki 3 aspek penilaian ketiganya memiliki rata-rata dengan kriteria baik (65%), baik (70%), baik (76,67%). TCK memiliki 2 aspek penilaian keduanya memiliki rata-rata dengan kriteria baik (75%), baik (65%). TPK memiliki 2 aspek penilaian keduanya memiliki rata-rata dengan kriteria baik (71,67%), baik (75%). TPACK memiliki 3 aspek penilaian ketiganya memiliki rata-rata dengan kriteria baik (68,33%), baik (73,33%), baik (68,33%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalichatin, HanikUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Era Pandemi, Guru IPA, Media Pembelajaran, TPACK
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Dec 2024 07:22
Last Modified: 27 Dec 2024 07:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13034

Actions (login required)

View Item View Item