Implementasi Religius Culture dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di MI Roudlotut Tholabah Banjarjo Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban

Mu’izzuddin, Muhammad Rifqi (2024) Implementasi Religius Culture dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di MI Roudlotut Tholabah Banjarjo Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (998kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (409kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (361kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (512kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (721kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (423kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (444kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (350kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (421kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Religius Culture Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di MI Roudlotut Tholabah Banjarjo Tuban, yang meliputi 1) Untuk mendeskripsikan implementasi religius cultur. 2) Untuk mendeskripsikan pembentukan karakter peserta didik melalui budaya religius. 3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung implementasi religius culture Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian fiel research dengan menggunakan metode deskriptif. Penulis memilih penelitian di MI Roudlotut Tholabah Banjarjo Tuban. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Religius Culture Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di MI Roudlotut Tholabah Banjarjo Tuban, sebagai berikut:1) Implementasi Religius Culture menggunakan tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi melalui berbagai kegiatan keagamaan (religius culture), 2) Pembentukan karakter peserta didik melalui budaya religius menggunakan perwujudan pembiasaan dan keteladanan, melalui moral knowing, moral action, moral feeling dengan menyesuaikan 5 nilai-nilai utama karakter. 3) Faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan religius culture: 1) faktor penghambat: kurangnya tenaga pendidik, keragaman peserta didik. 2) faktor pendukung: kesesuaian tenaga pendidik, tata tertib madrasah, keaktifan peserta didik serta sarana prasarana/fasilitas madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHanik, Elya UmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Religius Culture, Karakter Peserta Didik
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Jan 2025 07:51
Last Modified: 07 Jan 2025 07:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13126

Actions (login required)

View Item View Item