Musthofa, Achmad Ari (2024) Strategi Dakwah Santri IPNU IPPNU Melalui Konten Instagram @aisnusantara di Desa Mojoagung Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (450kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (851kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (320kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (549kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (270kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (379kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis strategi dakwah dalam konten Instagram@aisnusantara. Mengetahui implementasi dakwah melalui media sosial Instagram @aisnusantara oleh santri IPNU IPPNU Mojoagung, Trangkil, Pati. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yakni peneliti secara langsung menggali informasi di lokasi penelitian yaitu IPNU IPPNU Desa Mojoagung, Trangkil, Pati. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi yang digunakan IPNU IPPNU Mojoagung, Trangkil, Pati sudah sesuai dengan strategi sentimental, strategi rasional, dan setrategi indrawi. Pemanfaatan Instagram tersebut juga digunakan untuk mengembangkan dakwahnya, karena Instagram memiliki fitur-fitur yang efektif untuk menarik minat masyarakat dan pemahaman tentang informasi yang disampaikan disetiap unggahnnya. Implementasi dakwah melalui media sosial Instagram @aisnusantara oleh santri IPNU IPPNU Mojoagung, Trangkil, Pati yaitu tahapan estetis ditunjukkan oleh pengalaman santri IPNU IPPNU Mojoagung, Trangkil, Pati dalam pembuatan konten-konten dakwah ang diunggah di platform Instagram. Sesuai tahapan etis, ditunjukkan pada tingkat integritas untuk memenuhi tanggung jawab dan perannya dalam proses produksi konten dakwah, sehingga dapat tersampaikan pada masyarakat. Selanjutnya, sesuai dengan tahapan religius yang ditunjukkan bahwa pertimbangan baik dan buruk saja ternyata belum cukup mewarnai dakwah di era digital.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Dakwah, Santri IPNU IPPNU, Era Digital, Instagram | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2025 08:12 | ||||||
Last Modified: | 09 Jan 2025 08:12 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13169 |
Actions (login required)
View Item |