Strategi Dakwah Santri IPNU IPPNU Melalui Konten Instagram @aisnusantara di Desa Mojoagung Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati

Musthofa, Achmad Ari (2024) Strategi Dakwah Santri IPNU IPPNU Melalui Konten Instagram @aisnusantara di Desa Mojoagung Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (450kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (851kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (320kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (549kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis strategi dakwah dalam konten Instagram@aisnusantara. Mengetahui implementasi dakwah melalui media sosial Instagram @aisnusantara oleh santri IPNU IPPNU Mojoagung, Trangkil, Pati. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yakni peneliti secara langsung menggali informasi di lokasi penelitian yaitu IPNU IPPNU Desa Mojoagung, Trangkil, Pati. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi yang digunakan IPNU IPPNU Mojoagung, Trangkil, Pati sudah sesuai dengan strategi sentimental, strategi rasional, dan setrategi indrawi. Pemanfaatan Instagram tersebut juga digunakan untuk mengembangkan dakwahnya, karena Instagram memiliki fitur-fitur yang efektif untuk menarik minat masyarakat dan pemahaman tentang informasi yang disampaikan disetiap unggahnnya. Implementasi dakwah melalui media sosial Instagram @aisnusantara oleh santri IPNU IPPNU Mojoagung, Trangkil, Pati yaitu tahapan estetis ditunjukkan oleh pengalaman santri IPNU IPPNU Mojoagung, Trangkil, Pati dalam pembuatan konten-konten dakwah ang diunggah di platform Instagram. Sesuai tahapan etis, ditunjukkan pada tingkat integritas untuk memenuhi tanggung jawab dan perannya dalam proses produksi konten dakwah, sehingga dapat tersampaikan pada masyarakat. Selanjutnya, sesuai dengan tahapan religius yang ditunjukkan bahwa pertimbangan baik dan buruk saja ternyata belum cukup mewarnai dakwah di era digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNugraheni, Silvia OtiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah, Santri IPNU IPPNU, Era Digital, Instagram
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jan 2025 08:12
Last Modified: 09 Jan 2025 08:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13169

Actions (login required)

View Item View Item