Efektivitas Layanan Mediasi dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Mengatasi Interpersonal Conflict Peserta Didik Kelas VIII di MTs Ma’ahid Kudus

Fitriani, Diana (2023) Efektivitas Layanan Mediasi dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Mengatasi Interpersonal Conflict Peserta Didik Kelas VIII di MTs Ma’ahid Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (338kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (370kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (440kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (597kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (490kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (609kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (291kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan layanan mediasi dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk mengatasi interpersonal conflict peserta didik kelas VIII di MTs Ma’ahid Kudus tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang analisisnya menekankan pada data-data numerikal dan diolah dengan statistika. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian komparatif experiment research dengan desain penelitian pre- eksperimental design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Ma’ahid Kudus yang berjumlah 103 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah 16 peserta didik kelas VIII MTs Ma’ahid Kudus yang mengalami konflik interpersonal berdasarkan hasil sosiometri yang peneliti berikan. 16 peserta didik tersebut terdiri dari 8 peserta didik yang diberikan layanan mediasi dengan pendekatan client centered dan 8 peserta didik yang diberikan layanan mediasi dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk mengetahui layanan mediasi dengan pendekatan manakah yang lebih efektif untuk mengatasi interpersonal conflict peserta didik. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata konflik interpersonal peserta didik setelah diberikan perlakuan layanan mediasi dengan pendekatan client centered berkategori “sedang” dan rata-rata konflik interpersonal peserta didik setelah diberikan perlakuan layanan mediasi dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam kategori “rendah”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, yang artinya konflik interpersonal peserta didik kelas VIII di MTs Ma’ahid Kudus yang diatasi dengan layanan mediasi pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) lebih rendah atau lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan client centered.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsmanto, IsmantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan Mediasi, Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), Dan Konflik Interpersonal
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Jan 2025 01:40
Last Modified: 13 Jan 2025 01:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13207

Actions (login required)

View Item View Item