Rahayu, Selviana (2023) Integrating Cultural Awareness in Teaching English As Foreign Langguage at MA NU Al-Hidayah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (737kB) |
|
Text
2. ABSTRACT.pdf Download (331kB) |
|
Text
3. TABLE OF CONTENTS.pdf Download (413kB) |
|
Text
4. CHAPTER I.pdf Download (380kB) |
|
Text
5. CHAPTER II.pdf Download (491kB) |
|
Text
6. CHAPTER III.pdf Download (441kB) |
|
Text
7. CHAPTER IV.pdf Download (824kB) |
|
Text
8. CHAPTER V.pdf Download (289kB) |
|
Text
9. REFERENCES.pdf Download (405kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan budaya dalam pengajaran bahasa. Karena pembentukan budaya tidak dapat dilepaskan dari peran bahasa yang dominan. Sayangnya, para pengajar terkadang mengabaikan dan lupa menyampaikan informasi terkait budaya dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, harus ada perbaikan dalam proses pengajaran bahasa untuk membangun kesadaran budaya pada guru dan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab beberapa masalah yang telah dirumuskan oleh peneliti, yaitu bagaimana para guru mengimplementasikan kesadaran budaya dalam pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing di MA NU Al-Hidayah, dan tantangan yang dihadapi oleh para guru dalam mengimplementasikan kesadaran budaya dalam pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing di MA NU Al-Hidayah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MA NU Al-Hidayah dimana terdapat permasalahan dan tantangan dalam proses implementasi kesadaran budaya dalam pembelajaran. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer. Berupa informasi data yang diperoleh secara langsung dari berbagai pihak yang terkait dengan permasalahan penelitian. Sumber data selanjutnya adalah data sekunder berupa data-data pada buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan objek penelitian, serta dokumentasi resmi dari hasil penelitian. Beberapa teknik yang digunakan dalam proses pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data tersebut kemudian diuji keabsahannya melalui triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Dalam penelitian ini, data yang telah diperoleh peneliti kemudian dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para guru mengimplementasikan kesadaran budaya dalam pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing di MA NU Al-Hidayah melalui beberapa tahap termasuk pertama, guru mendefinisikan tujuan pengajaran budaya di kelas bahasa Inggris. Kedua, guru mengklasifikasikan tujuan untuk mengakomodasi silabus kurikulum. Ketiga, guru memilih cara terbaik untuk mengintegrasikan kesadaran budaya di dalam kelas. Dan keempat, guru perlu menemukan buku pelajaran dan materi lainnya yang paling sesuai. Sedangkan tantangan yang dihadapi guru dalam mengintegrasikan kesadaran budaya dalam pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing di MA NU Al-Hidayah, pertama, rendahnya latar belakang pengetahuan siswa tentang kesadaran budaya. Kedua, terbatasnya waktu untuk menyelesaikan tujuan kurikulum dan keterampilan lainnya. Ketiga, terbatasnya informasi budaya yang disediakan dalam buku teks. Keempat, kemampuan bahasa Inggris siswa yang terbatas. Kelima, variasi pemahaman dan kemampuan setiap guru dalam mengajarkan budaya di kelas. Keenam, pengetahuan guru yang kurang optimal tentang budaya bahasa target. Ketujuh, mayoritas siswa tinggal di sekolah berasrama yang membatasi waktu dan akses internet. Dan beberapa strategi efektif yang dapat digunakan sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah memfasilitasi siswa untuk mendapatkan pengalaman budaya bahasa target, mengorganisir diskusi siswa tentang budaya, dan menyiapkan waktu khusus untuk mempersiapkan kelas budaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengintegrasian, Kesadaran Budaya, Pengajaran Bahasa Inggris | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Bahasa > Bahasa Inggris |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2025 02:41 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2025 02:41 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13219 |
Actions (login required)
View Item |