Septiantiko, Tito (2023) Strategi Pemberdayaan Masyarakat Islam melalui Ekonomi Kreatif Kopi Muria di Desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (463kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (476kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (770kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (434kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (682kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (608kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (583kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemberdayaan masyarakat islam khususnya petani kopi melalui ekonomi kreatif kopi muria dan faktor pendukung dan penghambat pemeberdayaan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara secara langsung secara terstruktur dan dokumentasi. Penguji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan trianggulasi teknik dan waktu. Teknik analisis data ini meliputi: Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemberdayaan masyarakat Islam melalui ekonomi kratif kopi muria di Desa Colo sudah dilakukan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dengan adanya pemberdayaan yang dilakukan oleh Kopi Muria Wilhelmina dan Kopi Muria Zayna yang merupakan salah satu wadah pemberdayaan masyarakat terutama petani kopi sekaligus merupakan bentuk dari ekonomi kreatif dibidang kuliner yang ada di Desa Colo. Strategi yang digunakan dalam pemberdayaan masyarakat Islam yaitu mengembangkan masyarakat Islam (SDM) khususnya para petani kopi dengan meningkatkan ketrampilan dalam mengolah kopi, Melakukan pengembangan kelompok tani, Pemupukan modal, Mengembangkan kreativitas dengan membuat brand atau label produk, Menyediakan informasi tepat guna berupa media sosial. Dari strategi tersebut muncullah faktor pendukung dan faktor penghambat pemberdayaan masayarakat melalui Kopi Muria Wilhelmina dan Kopi Muria Zayna. Faktor pendukungnya yaitu adanya motivasi untuk maju dan kebijakan pemerintah yang mendukung sedangkan faktor yang menghambat adalah anggaran yang kurang, sulit merubah pola pikir masyarakat, sarana prasarana yang terbatas, dan kendala cuaca yang tidak menentu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemberdayaan, Ekonomi Kreatif, Kopi Muria | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pemberdayaan Masyarakat | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pengembangan Masyarakat Islam | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 17 Jan 2025 07:59 | ||||||
Last Modified: | 17 Jan 2025 07:59 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13263 |
Actions (login required)
View Item |