Nikmah, Faizatun (2023) The Correlation Between Reading Comprehension And Translation Ability (A Correlation Study To The Eleventh-Grade Students’ MA NU IF In The Academic Year 2023/2024). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (898kB) |
|
Text
2. ABSTRACT.pdf Download (331kB) |
|
Text
3. TABLE OF CONTENTS.pdf Download (423kB) |
|
Text
4. CHAPTER I.pdf Download (390kB) |
|
Text
5. CHAPTER II.pdf Download (674kB) |
|
Text
6. CHAPTER III.pdf Download (581kB) |
|
Text
7. CHAPTER IV.pdf Download (668kB) |
|
Text
8. CHAPTER V.pdf Download (369kB) |
|
Text
9. BIBLIOGRAPHY.pdf Download (409kB) |
Abstract
Pada pembelajaran bahasa inggris, siswa diharuskan untuk menguasai empat keterampilan diantaranya mendengar, membaca, berbicara dan menulis. Membaca adalah salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa, dengan membaca siswa bisa mendapatkan informasi yang banyak, semakin banyak mereka membaca, semakin banyak pengetahuan dan informasi yang dapat mereka dapatkan. Selain membaca, keterampilan lain juga memainkan peran penting dalam mempelajari Bahasa Inggris. Keterampilan ini adalah penerjemahan. Penerjemahan adalah proses penggantian materi tekstual suatu Bahasa (Bahasa sumber/SL) dengan padanannya dalam bahasa lain (Bahasa sasaran/TL). Penelitian ini difokuskan pada beberapa permasalahan yang diidentifikasikan sebagai berikut: (1) Bagaimana pemahaman membaca siswa kelas XI MA NU IF Dawe, Kudus. (2) Bagaimana pemahaman membaca siswa kelas XI MA IF Dawe, Kudus. (3) Adakah korelasi yang signifikan antara pemahaman membaca siswa kelas XI MA NU IF Dawe, Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris ada atau tidaknya korelasi positif yang signifikan antara pemahaman membaca dan kemampuan terjemahan siswa kelas XI di MA NU IF Dawe, Kudus. Desain penelitian ini adalah penelitian korelasional, dengan menggunkan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas sebelas di MA NU IF Dawe, Kudus. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan pengumpulan data dilakukan dengan tes pemahaman membaca dan kemampuan menerjemahkan siswa. Peneliti menggunakan SPSS 25.0 untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tes pemahaman membaca siswa adalah 73.1 dan rata-rata tes terjemahan adalah 75.0. Koefisien korelasi adalah 0.738 pada tingkat signifikan 0,05. Koefisien korelasi 0,738 berada dalam tingkat interval 0.600-0.800, artinya interprestasi korelasi berada pada tingkat klasifikasi yang cukup kuat. Berdasarkan hasil, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi Ha diterima. Oleh karena itu, terdapat korelasi yang signifikan antara pemahaman membaca dan kemampuan terjemahan siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Membaca, Kemampuan Terjemahan, Penelitian Korelasi | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Bahasa > Bahasa Inggris |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2025 04:57 | ||||||
Last Modified: | 21 Jan 2025 04:57 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13331 |
Actions (login required)
View Item |