Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatan Daya Saing Usaha Penjualan ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada Sinar Mebel Jepara)

Rahmawati, Dilla Erfiana (2024) Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatan Daya Saing Usaha Penjualan ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada Sinar Mebel Jepara). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (364kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (931kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (756kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (677kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (373kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (596kB)

Abstract

Untuk meningkatkan daya saing penjualan, pemilik Sinar Mebel Jepara telah menerapkan beberapa strategi pemasaran yang dianggap efektif. Beberapa strategi tersebut telah terbukti berhasil dalam mengembangkan usahanya, antara lain melalui promosi di media sosial, peningkatan kualitas produk, dan pencarian inspirasi baru untuk menarik pembeli. Riset ini tujuannya untuk: 1) Mengetahui implementasi strategi pemasaran yang dilakukan oleh Sinar Mebel Jepara, dan 2) Menilai upaya peningkatan daya saing usaha tersebut dari perspektif Ekonomi Islam. Riset ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data utama berupa 1 orang pemilik, 3 orang tukang kayu, tukang besi/stainless, dan tukang finishing, serta 2 orang pembeli. Sumber data sekunder berasal dari buku dan jurnal yang mendukung penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Setelah analisis data, penelitian ini menghasilkan dua temuan utama. Pertama, Sinar Mebel Jepara telah berhasil menerapkan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan daya saing penjualan yaitu dengan menerapkan 4P yang terdiri product, price, promotion dan place yang dikombinasikan dengan segmentasi, targeting dan positioning yang dilakukan oleh Sinar Mebel untuk meningkatkan daya saing penjualannya. Kedua, strategi pemasaran tersebut dinilai dari perspektif Ekonomi Islam untuk mengevaluasi sejauh mana usaha tersebut sesuai dengan syariat ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHakim, M. ArifUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Meningkatkan daya saing penjualan menurut ekonomi Islam
Subjects: Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Jan 2025 06:11
Last Modified: 21 Jan 2025 06:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13332

Actions (login required)

View Item View Item