Implementasi model pembelajaran Jigsaw pada mapel Fiqih untuk meningkatkan karakter tanggung jawab siswa kelas VIII F MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus

Jannah, Roikhatul (2023) Implementasi model pembelajaran Jigsaw pada mapel Fiqih untuk meningkatkan karakter tanggung jawab siswa kelas VIII F MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (182kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (437kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (198kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (733kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya karakter tanggung jawab siswa. Tanggung jawab merupakan karakter yang tidak dapat dihindari manusia dan nilai moral yang penting bagi manusia.Tanggung jawab menjadi kodrat manusia yang sudah menjadi bagian hidup manusia. Pendidikan karakter sudah waktunya lebih ditingkatkan khususnya karakter tanggung jawab. Sehingga dalam permasalahan yang ada peneliti fokus melakukan penelitian untuk meningkatkan karakter tanggung jawab menggunakan model pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran Fiqih. Penelitian dilakukan untuk (1) Mengetahui implementasi model pembelajaran jigsaw pada mapel Fiqih kelas VIII F MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus. (2) Mengetahui peningkatkan karakter tanggung jawab pada model pembelajaran jigsaw kelas VIII F MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus. (3) Mengetahui kendala dan solusi dalam implementasi pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII F MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Selanjutnya peneliti menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi model pembelajaran Jigsaw pada pembelajaran Fiqih di MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus dilaksanakan dengan guru membagi peserta didik menjadi kelompok asal dengan cara berhitung, Tiap orang dalam tim diberi materi dan tugas yang berbeda mengenai materi puasa, Anggota dari tim yang berbeda dengan penugasan yang sama membentuk kelompok baru (kelompok ahli) (2) Model pembelajaran Jigsaw merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja sendiri dan bekerja sama dengan orang lain serta dapat meningkatkan karakter tanggung jawab siswa karena telah memenuhi indikator yang dijadikan sebagai standar karakter tanggung jawab seperti : Siswa berpendapat ketika berdiskusi 3) Kendala implementasi model pembelajaran Jigsaw meliputi masalah dengan siswa yang dominan, masalah dengan siswa yang lambat, masalah dengan siswa yang cerdas dan cepat bosan, masalah dengan siswa yang terlatih dan selalu bersaing. Adapun solusinya yaitu guru memberikan pengarahan kepada siswa tentang kerjasama kelompok, guru memastikan siswa mempresentasikan hasil diskusi dengan benar, guru memberikan motivasi kepada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMusawamah, MualamatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Jigsaw, Karakter Tanggung Jawab
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jan 2025 03:27
Last Modified: 24 Jan 2025 03:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13420

Actions (login required)

View Item View Item