Penerapan Permainan Tradisional Sunda Manda untuk Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Usia Dini Kelompok B di TK TA I Keling Jepara Tahun Ajaran 2023/2024

Azlia, Nasikhatul (2024) Penerapan Permainan Tradisional Sunda Manda untuk Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Usia Dini Kelompok B di TK TA I Keling Jepara Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (253kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (198kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (657kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (483kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (399kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (331kB)

Abstract

Perkembangan sosial anak di TK TA I Keling ditemukan bahwa 30% dari enam belas anak kelompok B mengalami masalah perkembangan sosial, terutama dalam hal perkembangan bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar mereka. Hal ini dibuktikan dengan kurangnya kedekatan sosial antara satu anak dengan temannya yang lain, kurang terjadi komunikasi yang intens di antara murid TK dengan lainnya, anak-anak cenderung memilih teman yang memiliki kesamaan dan menjauhi teman yang dilihatnya tidak sama dengannya. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif. Data primer diperoleh dari peneliti dari penelitian lapangan melalui prosedur dan teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer yang dituju di sini meliputi kepala, guru dan siswa. Informasi atau data yang berhasil dikumpulkan dan diklasifikasi memerlukan proses lebih lanjut yang berupa analisis data. Berdasarkan temuan peneliti, dapat disimpulkan bahwa kemampuan sosial anak usia dini di TK TA I Keling Desa Keling Bono sudah memenuhi kriteria standar perkembangan yang sesuai dengan usia mereka. Anak-anak dapat mengikuti instruksi bermain, percaya diri saat bermain, memberi semangat kepada teman yang lain saat bermain, mau menunggu giliran, dan menghargai teman yang lain saat bermain. Hasil observasi peneliti menunjukkan bahwa faktor ekonomi, pola asuh, dan lingkungan adalah penyebab permasalahan sosial anak usia dini Kelompok B di TK TA I Keling Desa Keling Bono. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kemampuan sosial anak melalui permainan tradisional di TK TA I Keling berhasil ditingkatkan. Peningkatan dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase dari 3 hari dilaksanakannya kegiatan bernain menggunakan permainan tradisional sunda manda. Berdasarkan ketentuan keberhasilan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan keberhasilan pada anak yaitu pada hari-1 sebesar 37,5%, selanjutnya pada hari ke-2 terjadi peningkatan dengan rata-rata 62,5%, selanjutnya pada hari ke-3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa penelitian yang telah dilakukan melalui permainan tradisional sunda manda dapat mengatasi kemampuan sosial anak usia dini kelompok B di TK TA I Keling Desa Keling Bono Kecamatan Keling Kabupaten Jepara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMohtarom, MohtaromUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Permainan Tradisional sunda manda, Sosial
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Pra Sekolah, PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jan 2025 08:30
Last Modified: 24 Jan 2025 08:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13426

Actions (login required)

View Item View Item