Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Session Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Relasi dan Fungsi Siswa Kelas VIII MTs Matholi’ul Huda Troso

Anisa, Anisa (2023) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Session Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Relasi dan Fungsi Siswa Kelas VIII MTs Matholi’ul Huda Troso. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (650kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (500kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (736kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (890kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (847kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (933kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (653kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (498kB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa yang lebih baik antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan poster session. Penelitian ini dilakukan di MTs Matholi’ul Huda Troso. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif jenis eksperimen Quasi Experimental Design. Pada penelitian ini, sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas VIII D sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan tes tertulis dokumentasi. Hasil analisis uji independent t-test diperoleh simpulan bahwa hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan strategi pembelajaran poster session lebih baik daripada hasil belajar kognitif siswa yag menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, dibuktikan dengan nilai sig sebesar 0,00 < 0,05, t_hitung = 8,172 > t_tabel = 1,99897, serta nilai rata-rata yang diperoleh pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding nilai rata-rata kelas kontrol (79,25 > 64,78). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan strategi poster session lebih baik daripada hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAuliya, Nanang Nabhar FakhriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi poster session, Ekspositori, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jan 2025 04:25
Last Modified: 24 Jan 2025 04:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13430

Actions (login required)

View Item View Item