Anisa, Anisa (2023) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Session Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Relasi dan Fungsi Siswa Kelas VIII MTs Matholi’ul Huda Troso. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (650kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (500kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (736kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (890kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (847kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (933kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (653kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (498kB) |
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa yang lebih baik antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan poster session. Penelitian ini dilakukan di MTs Matholi’ul Huda Troso. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif jenis eksperimen Quasi Experimental Design. Pada penelitian ini, sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas VIII D sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan tes tertulis dokumentasi. Hasil analisis uji independent t-test diperoleh simpulan bahwa hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan strategi pembelajaran poster session lebih baik daripada hasil belajar kognitif siswa yag menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, dibuktikan dengan nilai sig sebesar 0,00 < 0,05, t_hitung = 8,172 > t_tabel = 1,99897, serta nilai rata-rata yang diperoleh pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding nilai rata-rata kelas kontrol (79,25 > 64,78). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan strategi poster session lebih baik daripada hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi poster session, Ekspositori, Hasil Belajar Kognitif | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2025 04:25 | ||||||
Last Modified: | 24 Jan 2025 04:25 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13430 |
Actions (login required)
View Item |