Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII MTs Ribhul Ulum Kedungmutih Wedung Demak

Anam, Muhammad Syaiful (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII MTs Ribhul Ulum Kedungmutih Wedung Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (558kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (602kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (910kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (739kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (870kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (500kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan penerapan model pembelajaran cooperatif leaning pada mata pelajaran Sejarah Kebudaayan Islam (SKI) siswa kelas VIII di MTs Ribhul Ulum, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudaayan Islam (SKI) di MTs Ribhul Ulum, (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebelum dan sesudah menggunakan metode belajar cooperative learning Penelitian Ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Yaitu dengan cara peneliti terjun langsung ke lapangan dan melakukan eksperimen . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, alat pengumpulan datanya adalah pre-test dan post-tes. Berdasarkan hasil uji Uji t-test Paired Sample diperoleh hasil t = -16.206 dengan signifikansi 0,000 Oleh karena signifikansi 0,000 < α 0,05, maka Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran cooperative learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII MTs Ribhul Ulum Wedung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhafidin, ZaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Hasil belajar sejarah kebudayaan islam
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Feb 2025 03:42
Last Modified: 17 Feb 2025 03:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13664

Actions (login required)

View Item View Item