Nafi, Muhammad Achit Khoirun (2024) Representasi Ruqiyah Dalam Film Horor Ruqyah: The Exorcism (Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (470kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (660kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (371kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (475kB) |
Abstract
Film Ruqyah: The Exorcism merupakan sebuah kisah nyata yang terjadi pada pertengahan tahun 2012, di mana Mahisa (Evan Sanders) ingin menolong seorang artis film bernama Asha (Celine Evangelista) yang mengaku selama ini, merasa diganggu oleh makhluk halus. Mahisa mulanya tidak terlalu percaya, namun karena terlalu banyak kejadian aneh yang dilihat langsung, membuat Mahisa yakin bahwa Asha memang dirasuki makhluk gaib. Setelah berkonsultasi dengan ustaz kenamaan, maka ia mencoba melakukan ruqiyah untuk membersihkan Asha. Akan tetapi, yang merasuki Asha tidak begitu saja mudah untuk dilepaskan, bahkan mulai menyerang Mahisa. Lebih jauh, ternyata apa yang merasuki Asha memang diperuntukkan menjadi "pemikat" agar disukai banyak orang, sehingga membuat Mahisa pun tertarik kepada Asha yang telah memiliki pasangan. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian studi pustaka yang bertujuan untuk 1) mengethui dan menganalisis pemaknaan ruqiyah dalam film Horor Ruqyah: The Exorcism; dan 2) mengetahui dan menganalisis representasi ruqiyah dalam film Horor Ruqyah: The Exorcism berdasarkan teori semiotika Roland Barthes. Objek penelitian ini adalah scene dan dialog film Ruqyah: The Exorcism. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi dan teknik analisis menggunakan teori semiotika Roland Barthes guna mengetahui dan menganalisis pemaknaan ruqiyah dan representasi ruqiyah dalam film horor Ruqyah: The Exorcism yang tersusun dari sebuah tanda yakni denotasi, konotasi, dan mitos pada film Ruqyah: The Exorcism. Hasil dari analisis semiotika terhadap film Ruqyah: The Exorcism pada penelitian ini berhasil menemukan pemaknaan ruqiyah diantaranya, terdapat pemaknaan ruqiyah syariat dan ruqiyah syirkiyyah. Pemaknaan ruqiyah syariat antara lain sebagai obat penyembuh gangguan gaib, penggunaan ayat-ayat Al-Qur’an yang digunakan untuk mengusir gangguan makhluk gaib, dan ruqiyah dianggap sebagai metode penyembuhan dari gangguan makhluk gaib. Kemudian, pemaknaan ruqiyah syirkiyyah (exorcism) diantaranya adalah metode pengusiran makhluk gaib yang dilakukan dengan menggunakan mantra-mantra. Dalam film Ruqyah: The Exorcism digambarkan dan diceritakan proses pengusiran makhluk gaib dengan dua cara atau metode, yakni ruqiyah syariat dan ruqiyah syirkiyyah. Pada ruqiyah syariat direpresentsikan sebagai metode ruqiyah yang dapat dijadikan sebagai obat dan mengusir gangguan gaib dengan menggunakan ayat-ayat Al-Qur’an yang sesuai dengan syariat Islam. Kemudian, ruqiyah syirkiyyah (exorcism) direpresentasikan sebagai proses pengusiran roh dengan menggunakan mantra-mantra.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Representasi, Ruqiyah, Film, Semiotika | ||||||
Subjects: | Ilmu Terapan/Teknologi > Terapi Spiritual, Ruqyah | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 25 Feb 2025 01:32 | ||||||
Last Modified: | 25 Feb 2025 01:32 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13771 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |