Alfatonia, Siti Zuhaidah (2024) Efektivitas Media Card Sort pada Pembelajaran Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas III. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
01. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (433kB) |
![]() |
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
04. BAB I.pdf Download (561kB) |
![]() |
Text
05. BAB II.pdf Download (637kB) |
![]() |
Text
06. BAB III.pdf Download (410kB) |
![]() |
Text
07. BAB IV.pdf Download (598kB) |
![]() |
Text
08. BAB V.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (466kB) |
Abstract
Kemampuan membaca Al-Qur’an sudah seharusnya dimiliki anak sejak dia belum menginjak dewasa. Namun, kerap dijumpai anak yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an. Khususnya adalah bacaan yang terdapat panjang dan pendek. Anak sering kali membaca dengan panjang yang sama. Sehingga penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Eksperimen. Penelitian Eksperimental yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimental desaign (nondesaign) merupakan penelitian eksperimen yang tidak menggunakan variabel kontrol dan sampel tidak dipilih secara random. Populasi pada penelitian ini adalah kelas III MI NU Wahid Hasyim yang berjumlah 18 anak. Sampel yang digunakan adalah Teknik sampling jenuh yaitu menggunakan seluruh populasi untuk dijadikan sampel. Rancangan yang digunakan adalah rancangan One Grup Pretest-Posttest Desaign, merupakan eksperimen yang terdapat pretest sebelum dilakukannya perlakuan (treatment). Pendekatan yang digunakan penulis adalah pendekatan kuantitatif. Ahli yang ditunjuk penulis adalah guru qur’an hadits kelas III, penulis mengujikan instrument pada 10 santri TPQ Nurul Iman yang masih kelas III MI dan SD. Hasil validitas didapatkan 20 soal valid dan 5 soal yang tidak valid, sehingga penulis menggunakan 20 soal yang dinyatakan valid untuk pengambilan data. Uji reliabilitas yang dilakukan menggunakan Microsoft excel diketahui bahwa alpha Cronbach sebesar 0,974 > 0,60. Maka instrumen dinyatakan reliabel. Uji normalitas yang telah dilakukan menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, sehingga dapat dilakukan uji hipotesis yakni uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Qur’an Hadits menjadi lebih baik setelah adanya penerapan media card sort. Dilihat dari hasil pretest dan posttest yang telah dilakukan pada siswa. Berdasarkan penghitungan uji t didapatkan hasil –1,739 < t0 (7,43) < 1,739 atau t0 berada di luar daerah penerimaan. Maka, H0 ditolak dan H1 diterima. Diartikan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas III sebelum dan setelah diberi media card sort. Sedangkan hasil dari penghitungan N-Gain atau penghitungan keefektifan penggunaan media sebesar 53%. Hasil tersebut termasuk pada kategori kurang efektif, sehingga dapat diartikan bahwa pada penelitian ini, media card sort kurang efektif digunakan pada pembelajaran Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas III.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Media card sort, Qur’an Hadits, Membaca Al-Qur’an | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 25 Feb 2025 04:53 | ||||||
Last Modified: | 25 Feb 2025 04:53 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13786 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |