Arifin, Ainul (2024) Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Pondok Pesantren Al-Isti’anah Boarding School Plangitan Pati. Masters thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (861kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (482kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (607kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (956kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (517kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (569kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (728kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan menjelaskan secara mendalam pelaksanaan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama di Pondok Pesantren Al-Isti’anah Boarding School Plangitan Pati. 2) Untuk mengetahui dan menjelaskan secara mendalam dampak internalisasi moderasi beragama di Pondok Pesantren Al Isti’anah Boarding School Plangitan Pati. 3) Untuk mengetahui dan menjelaskan secara mendalam terkait kendala dan solusi internalisasi nilai moderasi beragama di Pondok Pesantren Al-Isti’anah Boarding School Plangitan Pati. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif lapangan di lokasi Pondok Pesantren Al-Isti’anah Boarding School Plangitan Pati. Penggalian data menggunakan teknik wawancara semi struktur, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis mode interaktif oleh Miles dan Huberman dengan data collecting, data reduction, display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian di Pondok Pesantren Al-Isti’anah Boarding School Plangitan Pati ditemukan bahwa: 1) Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dilaksanakan dengan dua cara yaitu secara formal dan non formal. 2) Hasil pelaksanaan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melahirkan santri yang mengaplikasikan nilai-nilai modersi beragama di antaranya: tawassut, tawazun, i’tidāl, tasāmuh, al musāwah, syurā, iṣlah, aulāwiyah, ṭaṭawur wa ibtikār, tahaḍḍur, waṭaniyah wa muwaṭanah, dan maiẓatul ḥasanah bil wasaṭiyyah. 3) Kendala dan solusi dilihat dari faktor internal dan eksternal, yaitu: kendala internal berupa metode pendidikan keluarga, perhatian orang tua terhadap anak, dan pembawaan dari dalam diri santri; kendala eksternal berupa interaksi sosial masyarakat sekitar yang pasif (social distancing) dan pemikiran orang tua yang masih konservatif. Solusi berupa penguatan pada pengamalan, keteladanan, dan pemotivasian (reiteration) nilai-nilai moderasi beragama saat maupun pasca di pondok pesantren, penguatan kerja sama antara pihak pondok pesantren dan wali santri, dan perluasan dakwah yang moderat.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Al-Isti’anah, Internalisasi, Moderasi Beragama | ||||||
Subjects: | Agama > Hubungan Antaragama | ||||||
Divisions: | Pascasarjana > Studi Islam (SI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 15 Apr 2025 03:35 | ||||||
Last Modified: | 15 Apr 2025 03:51 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14122 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |