Nikmah, Himmatun (2024) Implementasi Marketing Mix Strategy Terhadap Peningkatan Penjualan UMKM Aneka Keripik Ibu Siti Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (919kB) |
![]() |
Text
2. Abstrak.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (522kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (599kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (486kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (352kB) |
Abstract
Untuk meningkatkan penjualan, pemilik usaha Aneka Keripik Ibu Siti telah menerapkan beberapa strategi yang dianggap efektif. Beberapa strategi tersebut telah terbukti berhasil dalam mengembangkan usahanya, antara lain melakukan promosi di media sosial, peningkatan kualitas produk, dan mencari inspirasi baru untuk menarik minat pembeli. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui peran Marketing Mix dalam upaya peningkatan penjualan UMKM Aneka Keripik Ibu Siti, dan 2) untuk mengetahui peran Marketing Mix dalam upaya peningkatan penjualan UMKM Aneka Keripik Ibu Siti Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer yakni 1 orang penjual, 1 orang karyawan, dan 7 orang pembeli, serta sumber data sekunder yaitu dari buku dan jurnal yang mendukung penelitian. Data-data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul dan analisis ini menghasilkan 2 temuan, yaitu: 1) Aneka Keripik Ibu Siti telah berhasil menerapkan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan yaitu dengan menerapkan 4P yang terdiri dari produk, price, promosi dan place. 2) Aneka Keripik Ibu Siti juga mendistribsikan produknya melalui kerjasama dengan pihak distributor, seperti toko dan pengecer untuk meningkatkan penjualan. Kedua strategi pemasaran tersebut dinilai dari perspektif ekonomi Islam untuk mengevaluasi sejauh mana usaha tersebut sesuai dengan ekonomi Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Marketing Mix Strategy, Peningkatan Penjualan, Perspektif Ekonomi Islam | ||||||
Subjects: | Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:02 | ||||||
Last Modified: | 22 Apr 2025 03:02 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |