Astuti, Riyanti Fitri (2024) Pengaruh Respon Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Media Kokami terhadap Keaktifan Peserta Didik pada Materi Hormon dalam Reproduksi Manusia. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (394kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (685kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (860kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (764kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (638kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui respon peserta didik mengenai penerapan model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan media kokami pada materi Hormon dalam Reproduksi Manusia kelas XI SMA Negeri 1 Sumber. (2) Untuk mengetahui keaktifan peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sumber pada materi Hormon dalam Reproduksi Manusia. (3) Untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan respon penerapan model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan media kokami terhadap keaktifan peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sumber pada materi Hormon dalam Reproduksi Manusia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain pre-experimental design dengan bentuk one-shot case study. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas XI F1, XI F3, XI F6, dan XI F7. Teknik pengambilan sampel menggunakan tipe cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI F1 dan XI F3 dengan total sebanyak 68 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Respon peserta didik mengenai penerapan model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan media kokami pada materi Hormon dalam Reproduksi Manusia kelas XI di SMA Negeri 1 Sumber tergolong dalam kategori baik. Hal tersebut dapat diamati dan dibuktikan dari hasil rata-rata angket respon peserta didik mengenai penerapan model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan media kokami sebesar 59,97. (2) Keaktifan peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sumber tergolong dalam kategori baik. Hal tersebut dapat diamati dan dibuktikan dari hasil perolehan angket keaktifan peserta didik yaitu 75,90. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan respon penerapan model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan media kokami terhadap keaktifan peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sumber pada materi Hormon dalam Reproduksi Manusia. Hal tersebut dapat diamati dan dibuktikan dari hasil analisis dimana diperoleh nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 32,994 > 3,986. Selain itu, dibuktikan dengan nilai signifikansi yang didapatkan sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan Ho ditolak. Sedangkan perolehan nilai koefisien determinasi sebesar 0,333 atau 33,3% serta sisanya sebesar 66,7% dipengaruhi oleh faktor lain
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Team Games Tournament (TGT), Media Kokami, Keaktifan | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:31 | ||||||
Last Modified: | 22 Apr 2025 03:31 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14152 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |