An Analysis of Idiom Expression in Tenth Grade Students’ English Textbook by R. Widjaja

Yasmin, Maharani Mustika (2024) An Analysis of Idiom Expression in Tenth Grade Students’ English Textbook by R. Widjaja. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (799kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (317kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (411kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (441kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (407kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (628kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (302kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)

Abstract

Idiom merupakan kumpulan kata yang maknanya tidak dapat diterjemahkan secara harfiah, melainkan melambangkan ungkapan tertentu yang tersirat di dalamnya. Saat mempelajari idiom, pembelajar hendaknya menggunakan media yang sesuai agar lebih mudah dipahami. Saat belajar bahasa Inggris, buku teks merupakan sumber terpenting untuk membantu proses pembelajaran. Ekspresi idiom dan buku teks menjadi topik penelitian yang menarik. Banyak siswa yang tidak memahami idiom. Jika suatu idiom muncul di buku teks, guru jarang mendiskusikan maknanya secara mendalam berdasarkan konteks bacaannya. Berdasarkan permasalahan di atas, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tipe-tipe idiom menurut teori Makkai diterapkan dalam teks bacaan, dan tipe-tipe apa saja yang dominan digunakan oleh penulis buku. Peneliti menggunakan buku teks kelas X karya R. Widjaja sebagai objek penelitian. Peneliti melakukan penelitian kepustakaan dan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini data dikumpulkan, dianalisis, dan ditarik kesimpulan dari hasilnya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis dokumentasi. Pengumpulan dokumen, evaluasi, dan analisis adalah metode yang digunakan dalam strategi ini untuk mengumpulkan data. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Idiom yang termasuk idiom phrasal verb memiliki total 17 idiom di semua unit. Sedangkan idiom tournure memiliki total 2 idiom di semua unit. Berbeda dengan itu, tidak ada satu pun idiom binomial ireversibel yang ditemukan di seluruh unit. Kemudian, idiom phrasal compound memiliki total 5 idiom di semua unit. Peneliti juga menemukan 4 incorporating idiom di semua unit. Peneliti juga menemukan 4 pseudo idiom di seluruh unit. Peneliti menyimpulkan bahwa idiom phrasal verb umum digunakan dalam buku teks dengan persentase 53,125%. Selain itu, idiom binominal irreversible adalah yang paling jarang digunakan dalam buku ini dengan persentase 0%. Penelitian ini direkomendasikan bagi peneliti yang akan datang untuk menganalisis idiom lebih luas dan menganalisis isi buku teks yang digunakan siswa sesuai dengan tingkat kesulitan atau tingkat kelasnya. Juga untuk membantu guru dan siswa membekali mereka dengan pengetahuan tentang idiom dan menemukan buku teks yang bagus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNuha, UlinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Idiom Expression, textbook, idiom in textbook
Subjects: Bahasa > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:48
Last Modified: 22 Apr 2025 03:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14155

Actions (login required)

View Item View Item