Pemanfaatan Game Edukatif Berbasis “Wordwall” Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran IPA Pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup

Chusna, Wafirotul (2024) Pemanfaatan Game Edukatif Berbasis “Wordwall” Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran IPA Pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (601kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (545kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (799kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (519kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)

Abstract

Pembelajaran IPA pada materi klasifikasi makhluk hidup dianggap sebagai hal yang bersifat abstrak dan sulit difahami oleh siswa. Di MTs Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus kondisi lingkungan yang kurang mendukung pembelajaran membuat guru menggunakan metode konvensional dan siswa cenderung bosan. Sebagai inovasinya, peneliti tertarik untuk mengkaji pemanfaatan dan pengaruh game edukatif berbasis wordwall terhadap efektivitas pembelajaran IPA sehingga judul penelitian ini "Pemanfaatan Game Edukatif Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran IPA pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup.” Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian nonequivalent control group dan teknik sampling yakni sampling purposive. Kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen masing-masing 31 siswa. Teknik pengumpulan data mengguanakan instrumen soal pretes-postes serta lembar observasi aktivitas siswa kemudian hasil analisis berdasarkan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test nilai sig 2-tailed 0,00<0,05 sehingga H0 ditolak. Serta uji N-Gain score kelas eksperimen yang memperoleh presentase 66,79% dengan kategori cukup efektif. Serta hipotesis kedua dinilai dengan hail lembar observasi aktivitas siswa dimana kelas eksperimen memperoleh nilai 94,44 sedangkan kelas kontrol 83,33 dengan kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil tersebut maka terdapat pengaruh penggunaan game edukatif berbasis “Wordwall” terhadap efektivitas dan terdapat perbedaan yang signifikan dalam pemanfaatan game edukatif berbasis “Wordwall” pada pembelajaran IPA materi klasifikasi makhluk hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBudhi, Henry SetyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Game Edukatif, Wordwall, Efektivitas Pembelajaran, Klasifikasi Makhluk Hidup
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 May 2025 04:33
Last Modified: 14 May 2025 04:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14225

Actions (login required)

View Item View Item