Umam, M. Khotibul (2024) Strategi Komunikasi Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata dalam Meningkatkan Minat Pengunjung Terhadap Objek Wisata di Kabupaten Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (543kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (410kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (756kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (346kB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini berkaitan dengan perkembangan sektor pariwisata di Kabupaten Pati, di mana rendahnya minat masyarakat terhadap pariwisata. Maka dari itu, peneliti terdorong untuk mendalami tentang bagaimana strategi komunikasi Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pati sebagai bentuk usaha pemasaran pariwisata Kabupaten Pati dalam meningkatan jumlah wisatawan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam upaya meningkatan minat wisatawan terhadap objek wisata di Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di Dinporapar Kabupaten Pati. Subjek penelitian ini adalah Pejabat Dinporapar Kabupaten Pati. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam melakukan strategi komunikasi, Dinporapar Kabupaten Pati memastikan langka-langkah dalam pemasaran pariwisata berjalan sesuai dengan rencananya. Pertalmal, menetalpkaln komunikaltor, Dinporapar Kabupaten Pati mengadakan pemilihaln dutal wisalta sebagai komunikator dalam mempromosikan wisata Kabupaten Patil. Kedual, mengenall khallalyalk, Dinporapar Kabupaten Pati melakukan riset awal mengenai lingkungan atau latar belakang masyarakat. Ketigal, menyusun pesaln, pesan yang digunakan berisi ajakan untuk mengunjungi pariwisata Kabupaten Pati dan festival atau event yang diadakan oleh Dinporapar Kabupaten Pati. Keempalt, menetalpkaln metode, di mana pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang dilakukan oleh Dinporpar Kabupaten Pati. Kelimal, seleksi penggunalaln media, Dinporapar Kabupaten Pati menggunakan media sosial (website, facebook, dan instagram) dan media cetak dalam memberikan informasi pariwisata di Kabupaten Patil. Adapun dalam usaha untuk meningkatkan minat kunjungan wisatawan di Kabupaten Pati, ada faktor-faktor yang mendukung dan menghambat. Adapun yang menjadi faktor pendukung dalam pengelolaan dan pengembangan wisata di Kabupaten Pati terdiri atas sumber daya alam, anggaran pemerintah, kemitraan antara Dinporapar Kabupaten Pati dan kelompok masyarakat Kabupaten Pati, serta kemandirian masyarakat Kabupaten Pati. Untuk faktor penghambat dalam pengelolaan dan pengembangan wisata di Kabupaten Pati berasal dari terbatasnya sumber daya manusia, kurangnya partisipasi dan kesadaran masyarakat dalam pembangunan dan pengembangan objek wisata, serta kurangnya investor
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Dinporapar, Strategi Komunikasi, Pariwisata, Wisatawan | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Perdagangan, Komunikasi, Transportasi > Komunikasi | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 27 May 2025 03:28 | ||||||
Last Modified: | 27 May 2025 03:28 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14269 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |