Efektivitas Model Pembelajaran Realistik Mathematik Education Berbantuan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis pada Peserta Didik

Mustafidah, Farhatul (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Realistik Mathematik Education Berbantuan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis pada Peserta Didik. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (811kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (251kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (832kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (852kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (869kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (880kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (887kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (890kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (893kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari sebuah permasalahan tarkait rendahnya pemahaman matematis para peserta didik. Hal ini diketahui oleh peneliti melalui wawancara dengan pendidik. Dengan demikian dibutuhkan sebuah sosuli yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran RME berbantuan video pembelajaran. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran RME berbantuan video pembelajaran. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Salafiya Pati yang terdiri dari 15 kelas. Kemudian sampel yang digunakan terdiri atas dua kelas, yang diambil secara random menggunakan teknik cluster random sampling. Kedua kelas yang digunakan penelitian adalah kelas VII K sebagai kelas eksperimen sebanyak 26 peserta didik, dan kelas VII O sebagai kelas kontrol sebanyak 30 peserta didik. Yang mana kelas kontrol menggunakan model PBL, dan kelas eksperimen menggunakan model RME berbantuan video pembelajaran. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik instrument tes. Kemudian data yang didapatkan dianalisis menggunakan uji statistic parametrik independent sample t-test. Setelah menerapkan model pembelajaran RME berbantuan video pembelajan, pengolahan data dengan menggunakan uji independent sampel t-test memperoleh hasil nilai t_hitung=5,660 yang memiliki nilai lebih besar dari t_tabel=1.674 maka keputusannya adalah H_0 ditolak. Yang artinya hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes kemampuan pemahaman matematis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran RME berbantuan video pembelajaran terdapat perbedaan dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik pada materi persamaan linier satu variabel. Sehingga model pembelajaran RME berbantuan video pembelajaran efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorQomariyah, SitiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Matematis, Model RME, Video Pembelajaran
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 May 2025 06:27
Last Modified: 27 May 2025 06:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14274

Actions (login required)

View Item View Item