Anggraeni, Yulia Putri (2024) Pengembangan Media Jejak Langkah (Jelang) Sebagai Media Pembelajaran Materi Tekanan Zat Untuk Meningkatkan Kemampuan Bekerja Sama Siswa SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. Cover.pdf Download (968kB) |
![]() |
Text
2. Abstrak.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
4. Bab I.pdf Download (578kB) |
![]() |
Text
5. Bab II.pdf Download (979kB) |
![]() |
Text
6. Bab III.pdf Download (667kB) |
![]() |
Text
7. Bab IV.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
8. Bab V.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
9. Daftar Pustaa.pdf Download (465kB) |
Abstract
Keterampilan abad 21 menggeser pembelajaran berpusat pada guru menjadi pembelajaran kolaboratif/bekerja sama. Keterampilan abad 21 yakni 4C (Critical thinking, creative, communication, collaboration) belum serta merta dimiliki oleh seluruh siswa khususnya keterampilan bekerja sama. Keterampilan bekerja sama (collaboration) dapat dimunculkan melalui pembelajaran dengan menggunakan media yang mendukung peningkatan keterampilan bekerja sama. Media tersebut berisi praktikum yang sesuai dengan materi tekanan zat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain media jejak langkah sebagai media pembelajaran IPA materi tekanan zat, mendeskripsikan kelayakan media, dan mengetahui hasil keefektifan media jejak langkah. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D yang dimodifikasi. Tahapan pengembangan yang dilakukan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (development). Data penelitian diperoleh dari angket validasi ahli media dan ahli materi, respon siswa, dan lembar observasi kerja sama. Subjek penelitian secara acak dilakukan pada siswa kelas VIII dengan jumlah responden 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan media jejak langkah menghasilkan desain berupa board media ukuran 5 meter × 3 meter berbahan banner, buku panduan media, lembar praktikum, dan alat praktikum. Media yang dikembangkan dinyatakan sangat layak oleh ahli media dan ahli materi. Hasil penilaian 2 ahli media diperoleh hasil rata-rata 90% dengan kriteria sangat layak. Hasil penilaian 3 ahli materi diperoleh hasil rata-rata 95% dengan kriteria sangat layak. Media yang dikembangkan dinyatakan efektif oleh peserta didik dan penilaian kerja sama siswa oleh guru. Penilaian kerja sama siswa oleh guru mendapatkan nilai rata-rata 92,67% dan respon siswa setelah pembelajaran mendapatkan nilai rata-rata 81,20%, hal tersebut menandakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat efektif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Bekerja sama, Hiking, Jejak Langkah, Tekanan Zat | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 27 May 2025 08:05 | ||||||
Last Modified: | 27 May 2025 08:05 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14279 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |