Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI MA NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus

Jannah, Afifah Miftahul (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI MA NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (785kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (234kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)

Abstract

Pembelajaran matematika cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga peserta didik kurang tertarik saat pembelajaran berlangsung hal tersebut mengakibatkan minat belajar matematika peserta didik rendah. Minat belajar yang rendah juga dapat mengakibatkan pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran TGT dalam peningkatan minat belajar dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MA NU Raudlatut Tholibin sedangkan sampel diambil 1 kelas dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur minat belajar, dan tes untuk mengukur hasil belajar matematika.Dalam uji hipotesis paired sample t-test untuk menghitung perbedaan minat dan hasil belajar peserta didik saat pretest dan posttest pada mata pelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan minat dan hasil belajar matematika peserta didik antara sebelum pembelajaran dengan model TGT dan setelah pembelajaran dengan model TGT dengan nilai rerata pretest minat yaitu dari 45,05 dan nilai posttest minat yaitu 62,55. Sedangkan untuk uji N-gain peserta didik dengan peningkatan minat belajar kategori rendah terdapat 3 peserta didik, kategori sedang 11 peserta didik, dan kategori tinggi 8 peserta didik. Pada tes hasil belajar matematika nilai rerata pretest yaitu 30,45 dan nilai posttest 64,27 sedangkan untuk uji N-gain peserta didik dengan peningkatan hasil belajar kategori rendah terdapat 4 peserta didik, kategori sedang 12 peserta didik, dan kategori tinggi 6 peserta didik. Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa model pembelajaran TGT dapat dijadikan alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoor, Naili LumaatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT), minat belajar, hasil belajar
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Sains, Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 May 2025 02:59
Last Modified: 28 May 2025 02:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14288

Actions (login required)

View Item View Item