Efektivitas Media Pembelajaran Film Jenderal Sudirman terhadap Pemahaman Materi IPS dan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas IX MTs Mu’allimat NU Kudus

Lestari, Indah Sri (2024) Efektivitas Media Pembelajaran Film Jenderal Sudirman terhadap Pemahaman Materi IPS dan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas IX MTs Mu’allimat NU Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (938kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (854kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (804kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (613kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan penggunaan media pembelajaran film Jenderal Sudirman dapat meningkatkan pemahaman materi IPS dan sikap nasionalisme siswa kelas IX MTs Mu’allimat NU Kudus dan untuk membuktikan efektivitas dari penerapan media pembelajaran film Jenderal Sudirman dapat meningkatkan pemahaman materi IPS dan sikap nasionalisme siswa kelas IX MTs Mu’allimat NU Kudus dengan mengkaji 2 rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana penerapan media pembelajaran film Jenderal Sudirman dapat meningkatkan pemahaman materi IPS dan sikap nasionalisme siswa kelas IX MTs Mu’allimat NU Kudus? (2) Bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran film Jenderal Sudirman dapat meningkatkan pemahaman materi IPS dan sikap nasionalisme siswa kelas IX MTs Mu’allimat NU Kudus? Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen. Peneliti menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen. Quasi Eksperimen desain ini merupakan desain penelitian yang dijadikan sebagai pengembangan pendidikan yang menggunakan pre test dan post test dengan memakai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menjadi uji coba. Analisis instrument yang digunakan berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji persyaratan analisis statistik dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan media pembelajaran film Jenderal Sudirman memakai kelas eksperimen dengan perbandingan kelas kontrol. Penerapan dikelas eksperimen terdapat benyak kelebihan dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil kelebihan itu dapat dilihat dari hasil nilai pre test dan post test yang menunjukkan nilai kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol.(2) Efektivitas media pembelajaran film Jenderal Sudirman dapat meningkatkan pemahaman materi IPS dan sikap nasionalisme siswa kelas IX MTs Mu’allimat NU Kudus dapat dilihat dari hasil penerapan media film yang kemudian dapat dikatakan efektif telah melalui beberapa uji yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji persyaratan analisis statistik dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Kesimpulannya hasil dari penelitian ini dapat dilihat pada uji hipotesis dalam paired simple t-test yang menyatakan nilai signifikansi (2-tailed) dari hasil pre test post test kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,000 < 0,005 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maksudnya ada perbedaan nilai rata-rata antara hasil belajar siswa dari dari pre test menuju post test dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran berpengaruh terhadap pengetahuan dan perubahan sikap siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatah, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Film, Pemahaman Materi IPS, dan Sikap Nasionalisme
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 May 2025 03:09
Last Modified: 28 May 2025 03:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14291

Actions (login required)

View Item View Item