Sari, Dyah Nurmaya (2024) Strategi Komunikasi Dakwah Pengurus Masjid Agung Kudus dalam Memanfaatkan Media Sosial YouTube. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. Abstrak.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (515kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (715kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (323kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi dakwah pengurus masjid Agung Kudus dan pemanfaatkan media sosial YouTube di channel “Masjid Agung Kudus”. Pertama, bagaimana strategi komunikasi dakwah yang dilakukan pengurus masjid agung kudus khususnya tim media. Kedua, bagaimana pengurus menyusun sasaran komunikasi, pesan, metode komunikasi, merumuskan peranan komunikator, dan memilih media. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research (riset lapangan). Sementara pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti melakukan pengamatan secara langsung dan melihat secara nyata. Informan ada tiga orang yang terdiri dari ketua masjid Agung Kudus Noor Badi, Staff Kantor Masjid Agung Kudus Masrukhan, anggota tim media Mualim Zulmi. Analisis pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi internal pengurus masjid Agung Kudus ialah: pertama, rapat perencanaan, pengurus merencanakan konten sesuai dengan program masjid. Kedua, rapat implementasi, menjelang pelaksanaan konten live streaming pengurus mempersiapkan konten dengan cara pengelompokan berdasarkan jenis kegiatan. Ketiga, rapat evaluasi, bentuk komunikasi yang disampaikan dari rapat pengurus yang diturunkan kepada tim media sehingga mereka hanya patuh melaksanakan perintah sesuai dengan arahan pengurus. Sementara strategi pemanfaatan media YouTube merupakan gabungan dari media penyiaran dan media internet sebagai alternatif pada strategi dakwah. Penelitian ini berusaha untuk meneliti tentang strategi komunikasi dakwah pengurus Masjid Agung Kudus dalam memanfaatkan media sosial YouTube menggunakan beberapa hal yang dijabarkan dalam penelitian ini meliputi; Pertama, sasaran komunikasi yang menyasar pada masyarakat menengah ke atas, anak muda hinga dewasa terutama masyarakat Kudus dengan afiliasi organisasi sosial keagamaan Nahdlatul Ulaman (NU). Kedua, penyusunan pesan yaitu menenetukan tema dan materi yang akan disampaikan. Seorang da’i dalam mempengaruhi khalayak ialah mampu membangkitkan perhatian dan mampu menggerakan khalayak untuk melakukan suatu kegiatan. Ketiga, metode komunikasi menurut cara pelaksanaan pengurus memanfaatkan media diwujudkan dalam metode redundancy (mempengaruhi khalayak dengan cara pengulangan pesan) dan canalizing (menyediakan saluran-saluran). Menurut isinya seorang da’i menggunakan metode informatif, persuasif, dan edukatif. Keempat, peranan komunikator dalam proses komunikasi dakwah, seorang komunikator harus memiliki empati atau merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Kelima, pemilihan media yang tepat dalam menyelesaikan kegiatan dakwah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Masjid Agung Kudus, Youtube | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi |
||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 02 Jun 2025 03:40 | ||||||
Last Modified: | 02 Jun 2025 03:40 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14317 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |