Penerapan E-Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Gunungwungkal Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati

Ferawati, Feni (2024) Penerapan E-Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Gunungwungkal Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (460kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (760kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (592kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (905kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (934kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (461kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yang meliputi, mendeskripsikan perencanaan e-learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Gunungwungkal, mendeskripsikan penerapan e-learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Gunungwungkal, dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam memanfaatkan e-learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Gunungwungkal. Jenis dan pendekatan penelitian ini lapangan (Field Research), menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan sumber primer menggunakan metode wawancara dan sumber sekunder menggunakan metode observasi dan dokumentasi yang diperoleh dari informan terkait dengan permasalahan penelitian. Adapun lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Gunungwungkal Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati. Adapun hasil penelitian ini adalah Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan E-learning Dengan Memanfaatkan Portal rumah belajar Kemendikbud tergolong sudah berjalan dengan baik, Adapun E-learning yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam termasuk dalam model e-learning dengan model Mixed/Blended Learning. Faktor yang mendukung dalam penerapan e-learning adalah mengarahkan anak untuk memanfaatkan teknologi dengan baik, mengurangi penggunaan kertas, bimbingan dari orang tua dan tersedianya fasilitas e-moderating dan Faktor yang menghambat dalam penerapan e-learning adalah ketersediaan jaringan internet, ketersediaan HP/ laptop.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmawati, Rukhaini FitriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: e-learning; mata pelajaran;pendidikan agama islam
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > E-Learning, Pembelajaran Elektronik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Jun 2025 04:17
Last Modified: 02 Jun 2025 04:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14324

Actions (login required)

View Item View Item