Umamah, Khoirul (2024) Implementasi Proyek Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (PPRA) Nilai Berkeadaban dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VII MTs Miftahul Falah Rembang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. Abstrak.pdf Download (371kB) |
![]() |
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (590kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (630kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (453kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (278kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan sebagai sarana untuk mengetahui proyek profil pelajar rahmatan lil ‘alamin nilai berkeadaban dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas VII, pelaksanaannya, hingga hambatan serta solusi yang ada di MTs Miftahul Falah Rembang. Jenis penelitian lapangan merupakan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh dari para informan terkait dengan permasalahan yang menjadi fokus penelitian. Adapun objek kajian penelitian berada di MTs Miftahul Falah Rembang. Hasil penelitian ini yang diperoleh yaitu 1) proyek profil pelajar rahmatan lil ‘alamin nilai berkeadaban dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas VII MTs Miftahul Falah Rembang berupa tugas guru Akidah Akhlak untuk pembuatan media pembelajaran puzzle dan mind maping, serta pembuatan rangkuman yang disusun rapi dan indah disesuaikan materi nilai adab dalam Asmaul Husna 2) implementasi proyek profil pelajar rahmatan lil ‘alamin nilai berkeadaban dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas VII MTs Miftahul Falah Rembang sudah dijalankan selama setahun sejak 2023 ternyata sudah melekat dalam budaya madrasah pada nilai tawasuth mengambil jalan tengah ditemukan kasus pada bulan ramadhan terdapat perbedaan antara jumlah rakaat salat terawih peserta didik yang mengikuti ormas Nahdloatul Ulama dengan peserta didik Muhammadiyah, dalam hal ini jalan tengah atau solusi dari kasus tersebut adalah peserta didik yang NU 20 rakaat bisa mengikuti salat terawih sampai selesai sedangkan peserta didik yang Muhammadiyah menempatkan pada shaff belakang sehingga ketika sudah memenuhi 8 rakaat peserta didik muhammadiyah bisa melakukan I’tikaf berdzikir sambil menunggu shalat witir. Pelaksanaanya dengan melalui tiga tahapan yaitu tahapan permulaan, tahap pengembangan, dan tahap penyimpulan 3) hambatan selama proses pelaksanaan proyek PPRA nilai berkeadaban dalam pembelajaran akidah akhlak adalah kondisi peserta didik yang pasif, kurangnya tingkat profesionalisme guru, dan kurangnya anggaran. Adapun solusi yang diberikan penciptaan suasana pembelajaran Akidah Akhlak yang nyaman dan menyenangkan salah satunya dengan pembuatan media pembelajaran yang inovatif; pelatihan guru dan keikutsertaan kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) serta adanya pembayaran kas khusus dari peserta didik untuk menunjang kegiatan kurikulum merdeka dan pengalokasian dana BOS secara tepat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Proyek PPRA, Nilai Berkeadaban, Pembelajaran Akidah Akhlak | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 03 Jun 2025 01:58 | ||||||
Last Modified: | 03 Jun 2025 01:58 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14328 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |