Eksperimen Efektifitas Model Eliciting Activities (MEAs) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas VIII MTs NU Maslakul Falah

Nadhiroh, Naimatun (2024) Eksperimen Efektifitas Model Eliciting Activities (MEAs) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas VIII MTs NU Maslakul Falah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (350kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (396kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (736kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (885kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (527kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (903kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (353kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (513kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi matematika yang dilihat dari evaluasi PISA ( Programme For International Student Assessment ) yang menyatakan pada tahun 2009, Indonesia menduduki peringkat ke 61 dari 65 negara. Sehingga perlu adanya model pembelajaran yang efektif yang dapat menunjang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui eksperimentasi efektivitas Model Eliciting Activities (MEAs) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs NU Maslakul Falah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian Quasy Experiment yang merujuk pada penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTs NU Maslakul Falah Tahun Ajaran 2022/2023 dengan penggunaan teknik sampling jenuh, dimana seluruh siswa kelas VIII MTs NU Maslakul Falah Tahun Ajaran 2022/2023 menjadi sampel untuk penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan survey dengan pemberian instrument evaluasi berupa soal cerita berbasis pemecahan masalah matematis. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan Uji Independent t-test. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Tidak terdapat perbedaan pada nilai pretest antara siswa yang menggunakan pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional ditunjukkan dengan hipotesis uji Independent t-test menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,475 dengan nilai probabilitas signifikansi α yaitu > 0,05 dan Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dan model konvensional berdasarkan uji independent t-test dengan nilai rata-rata posttest pemecahan masalah pada kelas eksperimen adalah 23,82 sedangkan posttest pada kelas kontrol adalah 20,36 dengan hipotesis uji Independent t-test menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 dengan nilai probabilitas signifikansi α yaitu < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHadi, NorUNSPECIFIED
Thesis advisorQomariyah, SitiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Eliciting Activities (Meas), Model Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Sains, Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Jun 2025 03:15
Last Modified: 03 Jun 2025 03:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14334

Actions (login required)

View Item View Item