Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak Dengan Pendekatan Kontruktivistik Menurut Howard Gardner Untuk Meningkatkan Interpersonal dan Intrapersonal Pada Siswa MTs Nurul Qur’an

Sholihah, Siti Nur (2024) Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak Dengan Pendekatan Kontruktivistik Menurut Howard Gardner Untuk Meningkatkan Interpersonal dan Intrapersonal Pada Siswa MTs Nurul Qur’an. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (347kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (108kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (291kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, ialah untuk menemukan dan mendeskripsikan strategi pembelajaran Akidah Akhlak untuk meningkatkan interpersonal dan intrapersonal pada siswa MTs Nurul Qur’an. Kemudian untuk menemukan dan mendekripsikan kendala, implementasi dan hasil pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Nurul Qur’an. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif. Peneliti melakukan pengumpulan dokumen, wawancara dan dokumentasi kepada guru mapel, siswa kelas VIII. Teknik analisis yang digunakan dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Sedangkan teknik yang dikembangkan ialah keabsahan data dan uji kredibilitas dengan menggunakan bahan referensi. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa dengan adanya strategi pembelajaran Cooperative Learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak untuk meningkatkan interpersonal dan intrapersonal pada siswa MTs Nurul Qur’an. Berdasarkan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik sangat memberi manfaat pada siswa khususnya pada siswa yang pasif saat pembelajaran. Strategi ini merupakan dampak positif terhadap siswa kelas VIII dan bisa mengasah kemampuannya yang lebih lagi. Kenyataan sesuai dengan penelitian lapangan, berawal dari kurang kondusifnya pada saat pembelajaran, sering kurang bersemangat dalam pembelajaran dan kurang memperhatikan. Dengan berjalannya strategi pembelajaran Cooperative Learning ini dapat menjadikan siswa semangat dalam pembelajaran, menambah wawasan, dan meningkatkan ilmu pengetahuannya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSupa'at, Supa'atUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDFalah, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, Akidah Akhlak, Interpersonal, Intrapersonal
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Divisions: Pascasarjana > PAI
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Jun 2025 08:02
Last Modified: 05 Jun 2025 08:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14358

Actions (login required)

View Item View Item