Kholish, Nor (2024) Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 02 Kedung, Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. Kata Pengantar.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
2. Abstrak.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
Abstract
Proyek penguatan profil pelajar Pancasila ini berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek pada biasanya, penguatan dimensi profil pelajar Pancasila yang menjadi tujuan utamanya. Sesuai dengan hasil wawancara dan observasi penulis dengan guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMP Negeri 02 Kedung. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah; 1) Bagaimana perencanaan implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 02 Kedung, Kabupaten Jepara 2) Bagaimana pelaksanaan implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 02 Kedung, Kabupaten Jepara 3) Bagaimana hasil impelementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 02 Kedung, Kabupaten Jepara Tujuan penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui perencanaan implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran IPS di SMP N 02 Kedung, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara 2)Untuk mengetahui pelaksanaan implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dalam pembelajaran IPS di SMP N 02 Kedung, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara 3)Untuk mengetahui hasil implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran IPS di SMP N 02 Kedung, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode interaktif Miles dan Huberman dengan langkah-langkah; 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, 3) penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Perencanaan implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 02 Kedung, Jepara. Melalui beberapa langkah yaitu membentuk fasilitator, mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan, menentukan dimensi, tema, alokasi waktu, menyusun modul proyek. 2) Pelaksanaan implmentasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 02 Kedung, Jepara. Proyek penguatan profil pelajar Pancasila dilaksanakan tiga kali dalam satu tahun, diantara yang sudah terselenggara yaitu kegiatan pilkatos yang mengajarkan nilai-nilai demokrasi kepada peserta didik. 3) Hasil impelementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 02 Kedung, Jepara. Yaitu penguatan karakter peserta didik dengan penerapan dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Impelementasi, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasil | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Mata Pelajaran Lain (IPS, Musik, Sejarah, Geografi) Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA) |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 16 Jun 2025 07:45 | ||||||
Last Modified: | 16 Jun 2025 07:45 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14411 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |