Nurrochma, Anisya Alya (2024) Pengaruh Mathematics Anxiety dan Self-Efficacy terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Kelas VII MTs NU Sabilul Muttaqin Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (936kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (397kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (594kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
Abstract
Faktor yang dapat memengaruhi kemampuan komunikasi matematis yaitu perasaan tegang dan takut apabila berinteraksi dengan matematika yang sering disebut dengan kecemasan matematika (mathematics anxiety). Selain itu, kemampuan komunikasi matematis dipengaruhi oleh keyakinan seseorang dalam menyelesaikan tugas dengan baik yang sering disebut sebagai self-efficacy. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengujii pengaruh mathematics anxiety terhadap kemampuan komunikasi matematis; (2) menguji pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis; (3) menguji pengaruh mathematics anxiety dan self-efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VII MTs NU Sabilul Muttaqin Kudus. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIIA. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, angket, dan dokumentasi. Metode pengujian dengan menggunakan uji regresi linear sederhana dan berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pada uji regresi linier sederhana menunjukkan persamaan regresi yaitu Y ̂=137,716-4,544X_1, di mana nilai Fhitung sebesar 7,798 dan Sig. sebesar 0,011. Nilai sig. tersebut < 0,05, maka persamaan regresi signifikan dengan nilai koefisien determinasi atau R square yaitu 0,281. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh mathematics anxiety terhadap kemampuan komunikasi matematis sebesar 28,1%; 2) Pada uji regresi linier sederhana menunjukkan persamaan regresi yaitu Y ̂=-48,599+2,552X_2, di mana nilai Fhitung sebesar 26,420 dan Sig. sebesar 0,000. Nilai sig. tersebut < 0,05, maka persamaan regresi signifikan dengan nilai koefisien determinasi atau R square yaitu 0,569. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis sebesar 56,9%; 3) Pada uji regresi linier berganda menunjukkan persamaan regresi yaitu Y ̂=-17,654-1,056X_1+2,303X_2, dimana nilai Fhitung sebesar 13,060 dan Sig. sebesar 0,000. Nilai sig. tersebut < 0,05, maka persamaan regresi signifikan dengan nilai koefisien determinasi atau R square yaitu 0,579. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh mathematics anxiety dan self-efficacy secara stimultan terhadap kemampuan komunikasi matematis sebesar 57,9%. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi terhadap guru sebagai acuhan untuk mengetahui faktor yang memengaruhi kemampuan komunikasi peserta didik, sehingga guru dapat menggunakan model pembelajaran yang tepat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Mathematics Anxiety, Self-Efficacy, Kemampuan Komunikasi Matematis | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Sains, Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 02:43 | ||||||
Last Modified: | 24 Jun 2025 02:43 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14462 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |