Implementasi Model Pembelajaran Think Pair Share dalam Pemahaman Pembelajaran IPA Kelas V Perspektif MI Hidayatus Shibyan

Zuliana, Siti (2024) Implementasi Model Pembelajaran Think Pair Share dalam Pemahaman Pembelajaran IPA Kelas V Perspektif MI Hidayatus Shibyan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (924kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (456kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (699kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (814kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (548kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (597kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk : 1) Untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran think pair share dalam pemahaman belajar IPA kelas V perspektif MI Hidayatus Shibyan 2) Untuk mendeskripsikan pemahaman belajar IPA Kelas V dalam menggunakan model pembelajaran think pair share perspektif MI Hidayatus Shibyan 3) Untuk mendeskripsikan prestasi belajar pada pembelajaran IPA Kelas V dalam menggunakan model pembelajaran think pair share perspektif MI Hidayatus Shibyan Jenis penelitian ini yaitu menggunakan penelitian lapangan atau (field research ) dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian ini dilakukan di MI Hidayatus Shibyan. Sumber data primer diperolah dari kepala madrasah, guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas V. Sedangkan sumber data sekunder pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data peneliti dalam penelitian kualitatif menggunakan uji credibility (validitas internal), transferbelity (validitas eksternal) dependability (realibiltas) confirmability (objektivitas).Dalam pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis penelitian snow ball sampling subjek dalam penelitian terdiri dari 8 informan diantaranya ada kepala madrasah, guru mapel IPA serta 6 siswa kelas V. Adapun Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Implementasi model pembelajaran think pair share dalam pemahaman belajar IPA siswa kelas V di MI Hidayatus Shibyan berlangsung dengan baik. Guru pengampu mata pelajaran IPA membuat RPP sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model think pair share diawali dengan kegiatan pendahuluan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan inti yang dilakukan dengan guru mengimplementasikan model pembelajaran think pair share dan diakhiri dengan kegiatan penutup. 2) Pemahaman siswa pada pembelajaran IPA dalam menggunakan model pembelajaran think pair share kelas V perspektif MI Hidayatus Shibyan pada materi peristiwa alam gunung meletus mengalami peningkatan pemahaman khususnya ranah kognitifnya. 3) Prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA setelah menggunakan model pembelajaran think pair mengalami peningkatan baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan pemahaman siswa yang mampu menjelaskan konsep terjadinya gunung meletus dengan benar kemudian siswa saling menghargai dan menerima setiap argumen yang berbeda dalam berdiskusi serta ditunjukan melalui sikap kerja sama yang baik selama kegiatan pembelajaran IPA baik dalam kegiatan praktikum maupun pelaporan hasil diskusi bersama teman sebaya nya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRetnanto, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Think Pair Share, Pemahaman, Belajar IPA
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jun 2025 04:09
Last Modified: 24 Jun 2025 04:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14469

Actions (login required)

View Item View Item