Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Perspektif MI NU Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus

Indriani, Tri (2024) Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Perspektif MI NU Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (283kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan pembelajaran pada materi bangun ruang dengan menggunakan model RME siswa kelas V perspektif MI NU Matholi’ul Huda Kudus; 2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model RME pada materi bangun ruang kelas V perspektif MI NU Matholi’ul Huda Kudus; 3) Minat dan prestasi belajar matematika dengan model RME siswa kelas V perspektif MI NU Matholi’ul Huda Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif, data yang diperoleh melalui field research (penelitian lapangan). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Subyek dari penelitian ini ada 4 informan, diataranya adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran sekaligus guru kelas, dan 2 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada materi bangun ruang dimulai dengan perencanaan RPP, penerapan dalam proses pembelajaran dan evaluasi. Tahap perencanaan yang dimaksud adalah guru membuat RPP dengan materi dan topik yang akan disampaikan pada saat pembelajaran, tahap perencanaan ini guru menerapkan materi-materi dengan adanya bantuan media dalam pembelajaran. Tahap pelaksanaan guru menggunakan model Realistic Mathematics Education (RME) dengan media sebenarnya atau media konkret dan menjalankan proses kegiatan belajar mengajar sesuai dengan sintaks RPP. Tahap evaluasi yakni melakukan evaluasi pengujian penilaian terhadap topik yang disampaikan untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik, seperti penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan yang sesuai dengan hasil observasi. 2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model RME perspektif MI NU Matholi’ul Huda. Hal ini terlihat dari hasil pada kondisi awal menggunakan model pembelajaran konvensional mendapatkan hasil rerata nilai 75 termasuk kategori C “Cukup” sedangkan setelah diterapkannya model RME pada kondisi akhir mendapatkan hasil rerata nilai 91 berada pada kategori SB atau “Sangat Baik”. Sehingga terjadi peningkatan kemampuan pemahaman matematika sebesar 16 yakni terlihat pada kondisi awal rata-rata 75 dan kondisi akhir menjadi 91. 3) Dengan diterapkannya model RME dapat menumbuhkan minat dan prestasi belajar matematika siswa, hal ini dilihat dari kondisi awal dan kondisi akhir pada hasil tes siswa yang dinyatakan tuntas dengan perolehan nilai  75 sebesar 57 menjadi 100, dari data tersebut siswa melewati nilai KKM yaitu 75.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRetnanto, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Realistic Mathematics Education (RME), Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jun 2025 07:58
Last Modified: 24 Jun 2025 07:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14479

Actions (login required)

View Item View Item