Penguatan Karakter Gotong Royong melalui Pembelajaran Fikih di MTs Nurul Huda Kedungdowo Kaliwungu Kudus

Sari, Sirly Amriya Febriyana (2024) Penguatan Karakter Gotong Royong melalui Pembelajaran Fikih di MTs Nurul Huda Kedungdowo Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (540kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (371kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu, (1) Untuk mengetahui pelaksanaan penguatan karakter gotong royong siswa di MTs Nurul Huda. (2) Untuk mengetahui strategi penguatan karakter gotong royong pada siswa melalui pembelajaran Fikih di MTs Nurul Huda. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menguatkan karakter gotong royong pada siswa melalui pembelajaran Fikih di MTs Nurul Huda. (4) Untuk mengetahui implikasi penguatan karakter gotong royong melalui pembelajaran Fikih di MTs Nurul Huda. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi non partisipan, wawancara semi struktur, dan dokumentasi. Subyek dari penelitian ini yaitu guru mata pelajaran Fikih, kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum, wakil kepala bidang kesiswaan, serta siswa di MTs Nurul Huda. Uji keabsahan data menggunakan beberapa cara yaitu perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi (sumber, teknik, dan waktu), menggunakan bahan referensi, serta mengadakan membercheck. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Pelaksanaan penguatan karakter gotong royong di MTs Nurul Huda selaras dengan visi misi madrasah yaitu pendidikan yang berwawasan ahlussunnah wal jama’ah, berakhlakul karimah, dan berbudaya peduli lingkungan. Penguatan karakter gotong royong dilakukan melalui kegiatan pembiasaan keagamaan dan sosial. (2) Strategi penguatan karakter gotong royong melalui pembelajaran Fikih dilakukan dengan metode keteladanan, pembiasaan, reward and punishment, dan sisipan (insersi), selain itu juga dilakukan melalui pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. (3) Faktor pendukung dalam menguatkan karakter gotong royong pada siswa melalui pembelajaran Fikih di MTs Nurul Huda yaitu karakter siswa yang baik, lingkungan siswa yang baik, materi pembelajaran Fikih, lingkungan madrasah yang mendukung, sarana dan prasarana madrasah yang memadai, dukungan orang tua, dan kesadaran guru terhadap pendidikan karakter. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya ketertarikan siswa pada pembelajaran Fikih, jam pembelajaran Fikih yang terbatas, munculnya sikap egois dan individualis siswa, serta pengaruh lingkungan pertemanan siswa yang tidak baik. (4) Implikasi penguatan karakter gotong royong melalui pembelajaran di MTs Nurul Huda memberikan dampak positif pada perkembangan karakter gotong royong siswa yang semakin meningkat tercermin dari banyaknya siswa yang nilai sikapnya baik pada mata pelajaran Fikih, meningkatnya rasa inisiatif siswa untuk membantu, meningkatnya rasa empati siswa, meningkatnya rasa menghargai, kerja sama, dan solidaritas siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHuda, MualimulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penguatan Karakter, Karakter Gotong Royong, Pembelajaran Fikih
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Jun 2025 03:19
Last Modified: 25 Jun 2025 03:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14499

Actions (login required)

View Item View Item