Tamiasari, Devi (2024) Tinjauan Hukum Islam terhadap Endorsement sebagai Alat Pemasaran Masa Kini pada Glids Clothing Company di Desa Lau Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
04. BAB I.pdf Download (419kB) |
![]() |
Text
05. BAB II.pdf Download (586kB) |
![]() |
Text
06. BAB III.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
07. BAB IV.pdf Download (538kB) |
![]() |
Text
08. BAB V.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (329kB) |
Abstract
Penggunaan internet telah membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam hal komunikasi, informasi, dan pemasaran. Dalam hal ini internet bisa dijadikan alat bagi pembisnis untuk memasarkan produk yang dijualnya ke khalayak dengan cara online. Salah satu upaya dalam memasarkan produk adalah dengan melalui endorsement yang mana dari kebanyakan dari para influencer memberikan keterangan yang palsu untuk membujuk customer. Tidak dapat dipungkiri hal tersebut bertentangan dengan ajaran hukum islam. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik endorsement sebagai sarana pemasaran media masa kini pada Glids Clothing serta bertujuan untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap endorsement sebagai alat pemasaran masa kini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan metode yang melibatkan observasi langsung, wawancara, pengamatan partisipatif, atau pengumpulan data primer lainnya dari informan yang telah ditentukan. Penelitian dilakukan secara langsung dilokasi penelitian yang telah ditetapkan dengan mengamati suatu gejala objektif yang terjadi. Adapun lokasi penelitian ini adalah di Glids Clothing Company. Praktik endorsement yang dilakukan oleh Glids Clothing Company telah berdasarkan prinsip-prinsip bisnis yang sesuai dengan ketentuan hukum ekonomi syariah seperti kejujuran dan tanggung jawab yang besar. Selain itu juga, diungkapkan bahwa dari pihak influencer juga melakukan kegiatan endorsement dengan mengutamakan nilai-nilai Islam. Berdasarkan ketentuan diatas, maka endorsement yang dilakukan oleh Glids Clothing Company termasuk ijarah yang bersifat pekerjaan. Sehingga dapat dikatakan bahwa dari pihak Glids Clothing dan influencer akan selalu mempertimbangkan nilai-nilai Islam dalam mengimplementasikan jenis promosi endorse. Hak ini mencerminkan komitmen mereka untuk menjalankan praktik bisnis yang yang sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi syariah dan ajaran Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Endorsement, media pemasaran, Ijarah, Hukum Islam | ||||||
Subjects: | Fiqih, Hukum Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 02 Jul 2025 02:44 | ||||||
Last Modified: | 02 Jul 2025 02:44 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14544 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |