The Use of Realia Medium to Integrate Islamic Values in English Classroom: A Qualitative Study at Al-Hidayah Islamic Boarding School Gebog Kudus

Nuroh, Qona’atun (2024) The Use of Realia Medium to Integrate Islamic Values in English Classroom: A Qualitative Study at Al-Hidayah Islamic Boarding School Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (873kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (314kB)
[img] Text
3. Daftar isi.pdf

Download (201kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (375kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (624kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (357kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (552kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (307kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini menggambarkan situasi di mana peserta didik dalam kelas pembelajaran Bahasa Inggris bersifat sangat pasif. Untuk mengatasi tantangan ini, guru Bahasa Inggris mengusulkan sebuah inovasi dengan menerapkan strategi pembelajaran yang menarik, yakni menggunakan media realia. Penelitian ini dilakukan di pondok pesantren, sebuah lingkungan pendidikan di mana nilai-nilai keislaman memegang peranan penting dalam kebutuhan siswa. Dengan demikian, penelitian ini memfokuskan pada integrasi nilai-nilai keislaman melalui penggunaan media realia dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjawab rumusan masalah yang diantaranya meliputi langkah penerapan media realia dalam mengintegrasikan nilai-nilai keislaman pada kelas Bahasa inggris, faktor pendukung dalam penerapan media realia, serta hambatan yang dialami guru maupun siswa selama proses pembelajaran dengan menerapkan media realia. Proses pembelajaran menggunakan media realia pada penelitian ini berfokus pada materi label teks pada mata pelajaran Bahasa inggris. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik yakni observasi pada proses pembelajaran, wawancara bersama pengasuh pondok pesantren, guru Bahasa inggris, dan 10 santri di pondok pesantren Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus, serta melakukan teknik dokumentasi. Adapun penyajian data dilakukan dengan cara analitis deskriptif setelah melewati proses triangulasi, reduksi, serta verifikasi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan: 1) Langkah pertama yaitu dengan menjelaskan materi label teks secara padat dan singkat. Langkah kedua menunjukkan contoh media realia berupa kemasan produk dan menjelaskan satu persatu bagian dari unsur label teks. Langkah ketiga guru menjelaskan nilai-nilai keislaman yang ada pada media realia tersebut, meliputi logo halal serta tulisan arab pada aspek komposisi. Langkah keempat yakni penugasan, dan langkah terakhir adalah evaluasi. 2) Factor pendukung penggunaan media realia (produk kemasan) adalah mudahnya menemukan produk kemasan di lingkungan setempat, yaitu di toko terdekat. 3) Hambatan yang dialami oleh peserta didik yaitu beberapa diantara mereka lupa bahwa harus membawa media tersebut, sehingga harus mencari media secara mendadak. Sedangkan hambatan yang dialami oleh guru yaitu pada proses evaluasi penugasan yang mengharuskan guru untuk menyediakan waktu lebih karena tugas berupa indiviu dengan jumlah siswa yang tidak sedikit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNikmah, AlfuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Islamic Boarding School, Islamic Values, English Language Teaching, Realia medium
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Bahasa > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Jul 2025 04:05
Last Modified: 02 Jul 2025 04:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14547

Actions (login required)

View Item View Item