Penguatan Dimensi Bernalar Kritis Melalui Proyek Mengolah Singkong Dalam Kurikulum Merdeka di SD N 2 Klaling

Risti, Widya Dinda (2024) Penguatan Dimensi Bernalar Kritis Melalui Proyek Mengolah Singkong Dalam Kurikulum Merdeka di SD N 2 Klaling. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (250kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (806kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (767kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (894kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (767kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (828kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (758kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan keberhasilan dari penerapan P5 melalui proyek mengolah singkong pada peserta didik kelas IV, dan apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan penguatan bernalar kritis pada peserta didik kelas IV melalui proyek mengolah singkong di SD N 2 Klaling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang di peroleh pada penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur pelaksanaan teknik tersebut menganut analisis model Miles And Huberman yang mencakup tiga alur kegiatan secara simultan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Penguatan dimensi bernalar kritis melalui proyek mengolah singkong dalam kurikulum Merdeka di SD N 2 Klaling dilaksanakan dengan 4 tahapan yaitu tahapan pengenalan, tahapan kontekstualisasi, tahapan aksi, dan tahapan refleksi tindak lanjut, kemudian terdapat elemen serta subelemen dengan target pencapaian akhir fase. 2.) Keberhasilan penerapan P5 melalui proyek mengolah singkong pada peserta didik kelas IV, dapat dilihat dari desain rencana projek profil yaitu, membentuk tim fasilitator proyek penguatan profil pelajar Pancasila, mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan, merancang dimensi, tema, dan alokasi waktu projek penguatan profil pelajar Pancasila, menyusun modul projek, merancang strategi pelaporan hasil projek, tim fasilitator merencanakan strategi pengolahan dan pelaporan hasil projek. 3) Faktor penghambat dan pendukung penerapan P5 melalui proyek mengolah singkong pada peserta didik kelas IV. Faktor penghambat diantaranya adalah tidak memiliki pengalaman dengan kemerdekaan belajar, keterbatasan referensi, akses yang dimiliki dalam pembelajaran belum merata, manajemen waktu, dan tidak semua isi buku-buku pelajaran sudah berdimensi global. Sedangkan faktor pendukung dari penerapan Penguatan Dimensi Bernalar Kritis melalui Proyek Mengolah Singkong dalam Kurikulum Merdeka di SD N 2 Klaling diantaranya adalah adanya penganggaran dari pemerintah untuk pelaksanaan P5, koordinasi yang baik dari Pemda baik kabupaten maupun provinsi dengan pemerintah pusat dalam pengadaan sarana pembelajaran dan pelatihan, perencanaan yang baik serta ketersediaan sarana pembelajaran dan LCD serta sambungan internet

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHanik, Elya UmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dimensi Bernalar Kritis, Mengolah Singkong, Kurikulum Merdeka
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Kesenian dan Pekerjaan Tangan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Jul 2025 08:21
Last Modified: 07 Jul 2025 08:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14559

Actions (login required)

View Item View Item