Zunita, Ayu (2024) Kegiatan Cooking Class dan Market Day untuk Melatih Kemampuan Kewirausahaan di RA Nahdlatul Fata Jepara Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (898kB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (436kB) |
![]() |
Text
5, BAB II.pdf Download (576kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
9. DAPUS.pdf Download (327kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Pelaksanaan kegiatan cooking class dan market day untuk melatih kemampuan kewirausahaan di RA Nahdlatul Fata Jepara, 2) Mengetahui kemampuan kewirausahaan yang muncul dalam pembelajaran kegiatan cooking class dan market day di RA Nahdlatul Fata Jepara, 3) untuk mengetahui faktor hambatan dan faktor pendukung dalam pelaksanaan kegiatan cooking class dan market day di RA Nahdlatul Fata Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti melakukan penelitian di RA Nahdlatul Fata, dengan subyek penelitian ada tiga narasumber yaitu kepala sekolah, guru, dan rekan guru. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dikakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan kegiatan cooking class dan market day dalam melatih kemampuan kewirausahaan pada tahap persiapan guru merancang RPPH, menyiapkan alat dan bahan. Tahap pelaksanaan anak dan guru berdoa bersama, guru memperkenalkan alat dan bahan, manfaatnya dan cara membuat sup buah. Guru memberi contoh cara membuat dan mengenalkan kewirausahaan. Anak praktik membuat dan melakukan jual beli sup buah. Evaluasinya dengan cara tanya jawab dan bercerita. 2) Kemampuan kewirausahaan yang muncul dalam pembelajaran cooking class dan market day yaitu tibul rasa senang belajar dengan asyik. Anak jujur saat berjualan sup buah, anak menjadi mandiri, kreatif, percaya diri, kemampuan bekerja sama dan tanggung jawab. Mengerti cara berwirausaha sejak dini dan muncul kepemimpinan untuk berwirausaha. 3) Untuk faktor hambatan adanya alat yang rusak, anak yang belum merespon, ketika kelas rame karena terbatasnya guru. Terdapat solusi mengatasi hambatan tersebut dengan membuat kegiatan yang tidak memerlukan alat yang rusak, guru membujuk secara halus ketika mood anak kurang bagus, kegiatannya duduk melingkar agar anak mendengarkan instruksi. Adapun pendukung pelaksanaan terkait kepala RA dan semua guru sangat mendukung kegiatan, lokasi kegiatan cukup luas, alat dan bahan tersedia di RA, guru kreatif menyediakan bahan atau alat minuman sup buah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Cooking Class, Market day, dan Kemampuan Kewirausahaan | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Ekonomi, Perekonomian > Wirausaha Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Pra Sekolah, PAUD |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2025 08:48 | ||||||
Last Modified: | 08 Jul 2025 08:48 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14577 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |