Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini di TK Tarbiyatul Athfal Terpadu Al-Hikmah Pelemkerep Mayong Jepara

Nida, Fauziyatun (2024) Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini di TK Tarbiyatul Athfal Terpadu Al-Hikmah Pelemkerep Mayong Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (470kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (386kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (710kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (807kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (951kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (477kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (591kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini di TK Tarbiyatul Athfal Terpadu Al-Hikmah Pelemkerep Mayong Jepara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei (survey) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik TK Tarbiyatul Athfal Terpadu Al-Hikmah Pelemkerep Mayong Jepara yang berjumlah 35 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa tersebut. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh artinya semua anggota populasi dijadikan sampel. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara kedua variabel kompetensi kepribadian guru (X) dengan perkembangan nilai agama dan moral (Y) anak usia dini diperoleh sebesar 0,603 yang termasuk dalam interval (0,60-0,799) dengan kategori tingkat hubungan yang bersifat “Kuat” pengaruhnya. Kemudian nilai R Square atau persentase adanya pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini diperoleh sebesar 0,363 atau 36,3%. Artinya, variabel kompetensi kepribadian guru mempengaruhi sebesar 36,3% terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini di TK Tarbiyatul Athfal Terpadu Al-Hikmah Pelemkerep Mayong Jepara. Sisanya 63,7% (100% - 36,3%) dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian, misalnya: strategi belajar yang menyenangkan, motivasi belajar, teman sebaya, dan sebagainya. Berdasarkan hasil uji hipotesis t diperoleh nilai thitung sebesar 4,337 dan ttabel sebesar 2,035. Artinya, nilai thitung lebih besar dari ttabel (4,337 > 2,035) dengan signifikansi 0,000 dimana nilai signifikansi kurang dari (<0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, kompetensi kepribadian guru berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini di TK Tarbiyatul Athfal Terpadu Al-Hikmah Pelemkerep Mayong Jepara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMashlahah, Any UmyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepribadian Guru, Perkembangan Nilai, Agama dan Moral
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Pra Sekolah, PAUD
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Taman Kanak-Kanak/TK
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jul 2025 08:08
Last Modified: 09 Jul 2025 08:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14586

Actions (login required)

View Item View Item