Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru dan Sswa (Studi Multisitus di SMPN 1 Karangrayung, SMP YASIM Karangrayung, dan SMP Pesantren Unggulan At-taufiiqiyyah Brabo)

Mukson, Hadi Joyo (2024) Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru dan Sswa (Studi Multisitus di SMPN 1 Karangrayung, SMP YASIM Karangrayung, dan SMP Pesantren Unggulan At-taufiiqiyyah Brabo). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (261kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (521kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (510kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (862kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (212kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (459kB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kedisipilinan guru dan siswa baik di SMPN 1 Karangrayung, SMP YASIM Karangrayung maupun SMP Pesantren Unggulan At taufiiqiyyah Brabo. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif dengan menggunakan rancangan studi multisitus. Penelitian yang dilakukan di SMPN 1 Karangrayung, SMP YASIM Karangrayung dan SMP Pesantren Unggulan At taufiiqiyyah Brabo ini dalam menguji keabsahan data melalui kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah mulai dari reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitianya adalah 1) Srategi kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru adalah a) Kepala sekolah Memberikan uswah atau contoh kepada Guru dalam menjalankan kedisiplinan. b) Kepala sekolah mengikutkan guru dalam pelatihan, seminar dan workshop. c) Memperhatikan kesejahteraan guru d) Pengaturan suasana kerja yang nyaman dan harmonis. e) Memberikan penyegaran atau refreshing. 2) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa adalah a) Memberikan uswah atau contoh kepada siswa. b) Memberikan reward atau penghargaan kepada siswa. c) Mengoptimalkan kegiatan ritualitas atau ubudiyah di sekolah. d) Membentuk organisasi OSIS agar bisa mempengaruhi siswa yang lain untuk bisa lebih disiplin. e) Kepala sekolah memberikan jadwal piket pagi, agar supaya siswa tertib

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfferi, AdriUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMasrukhin, MasrukhinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kepala Sekolah, Kedisiplinan
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:49
Last Modified: 14 Jul 2025 02:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14600

Actions (login required)

View Item View Item