Ahmad, Azwaliza (2024) Implementasi Media Diorama dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air Untuk Kelas V. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (450kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (474kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (558kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (453kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi media diorama dengan model pembelajaran discovery learning dalam mata pelajaran IPA pada materi siklus air untuk kelas V di MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus, mendeskripsikan problem yang dihadapi dari implementasi media diorama dengan model pembelajaran discovery learning mata pelajaran IPA materi siklus air untuk kelas V di MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus, mendeskripsikan hasil dari implementasi media diorama dengan model pembelajaran discovery learning dalam mata pelajaran IPA pada materi siklus air untuk kelas V di MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan sajian data kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas V, siswa kelas V MI Darul Ulum 02 Kudus. Pengumpulan data dengan menggunakan metoode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta pengujian keabsahan data berupa uji kredibilitas yakni dilakukan dengan cara trianggulasi, trianggulasi yang dipilih yaitu diantaranya ada trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, trianggulasi waktu, ada juga menggukan bahan refrensi, dan menggunakan member chek. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi media diorama dan model pembelajaran discovery learning sesuai digunakan untuk materi siklus air serta dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, menarik, interaktif, menambah motivasi siswa, memvisualisasikan suatu peristiwa. Problem yang dihadapi untuk pembelajaran di MI Darul Ulum 02 yakni guru yang kurang update dan hanya menngunakan metode ceramah, sedangkan untuk media diorama dan model discovery learning ada sedikit problem tapi tidak berpengaruh terhadap hasil. Problemnya adalah siswa yang sudah selesai membaca dan sudah selesai mengerjakan soal evaluasi birbicara sendiri . Hasil penggunaan media diorama dan model discovery learning materi siklus air kelas V MI Darul Ulum 02 yakni memudahkan siswa dalam memahami materi siklus air, menambah rasa ingintahu siswa, menambah motivasi belajar siswa, menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, aktif, dan kreatif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Diorama, Model Discovery Learning, Problem, Hasil | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Modul Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 02:47 | ||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 02:47 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14617 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |